baju batik wanita

Beragam Baju Batik Wanita yang Ada, Sudah Coba Gunakan Corak Batik Madura?

Seperti yang kita tahu, perkembangan fashion banyak terinspirasi dari wanita. Beragam model dan motif selalu ada trend yang mengikuti. Mulai dari baju batik wanita, kemeja, kaos, rok, celana wanita, outer, blazer, dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai pelindung tubuh, pakaian juga memiliki fungsi sebagai simbol karakter bagi yang menggunakannya. Pakaian berfungsi menjadi identitas jati diri.

Karena itulah, terkadang orang mengenakan pakaian yang berasal dari kain kain khas daerah untuk memperkenalkan budaya nya. Contohnya dalam menggunakan kain batik.

Batik sendiri merupakan kain khas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ia termasuk ke dalam kekayaan bangsa kita. Namun, apakah sudah tahu bahwa ada batik dari Madura lho?

baju batik wanita

Ya, masih banyak yang belum tahu kalau Indonesia sendiri juga memiliki kain batik khas Madura. Karena selama ini kita lebih banyak mengenal kain batik hanya berasal dari Jawa Tengah ataupun Jogja.

Sedangkan Madura sendiri, lebih banyak dikenal dengan cerita karapan sapinya, sambal petis, maupun sebagai daerah penghasil garam.

Adalah sentra penghasil kain batik Madura di daerah Tanjung Bumi, Madura, Jawa Timur. Kegiatan membatik sendiri sudah dimulai pada masa pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Pada model baju batik dengan kain batik Madura ini, baik pada model baju batik wanita maupun model baju batik pria, terkenal dengan motifnya yang khas dan warna yang mencolok.

Sejak masa silam, masing masing warnanya sendiri memiliki arti tersendiri, misalnya warna hijau yang melambangkan warna religi akan beberapa kerajaan Islam yang didirikan dan berkembang di Madura.

Warna merah yang menggambarkan khas karakter masyarakat Madura yang kuat dan keras, hingga warna kuning yang menggambarkan akan hasil panen padi yang meningkat.

baju batik wanita

Motifnya juga masih saja berkisar tentang pesisir, sering kita temui yang tergambar hampir mirip dengan ombak. Hingga pada motif flora dan fauna yang tak pernah terlepas sejak lama.

Disini juga ada hal unik lainnya tentang batik Madura.

Beragam Baju Batik Wanita yang Ada, Sudah Coba Gunakan Corak Batik Madura?

  • Teknik pewarnaan

Teknik pewarnaannya dilakukan secara khusus melalui proses perendaman.

  • Bahan alami

Warnanya berasal dari bahan bahan alami seperti daun jati, daun jambu.

  • Lama merendam

Proses perendamannya hingga enam bulan.

  • Tekstur

Batik Madura terlihat lebih kasar dibanding Batik Solo atau yang lainnya, namun tidak murahan.

  • Harga

Harganya di tingkat pengrajin bisa mencapai jutaan rupiah per helainya.

  • Cerah

Warnanya akan semakin cerah bila disimpan semakin lama.

  • Adat

Merupakan bagian dari adat dan budaya sehari-hari.

Batik Madura sendiri merupakan salah satu bentuk seni budaya. Seiring dengan berjalannya waktu, kini batik Madura banyak diminati dan menjadi popular di kalangan konsumen lokal maupun mancanegara.

Baju batik wanita modern yang berasal dari kain batik Madura kini juga mulai banyak diminati, khususnya para wanita. Karena bentuk dan motifnya yang unik, tentu menjadi salah satu alasan keistimewaannya.

Agar tidak membuat konsumen kecewa, para pengrajin batik tulis Madura disana senantiasa mempertahankan produksi batik secara tradisional. Dengan pengolahan tradisional tidak akan menghilangkan ke khas an dan keunikannya.

Karena proses yang tradisional inilah, maka harganya pun cukup mahal ketimbang batik print yang diproduksi massal di pabrik.

Tetapi yang jelas, Anda akan puas karena biasanya motif atau warnanya tak banyak yang menyamakan, istilahnya limited edition gitu. Cocok sekali jika dibuat sebagai baju batik wanita.

Jika berkunjung ke Madura, jangan lupa beli oleh oleh ini ya!

Scroll to top