Penyebab Bau Sepatu dan Cara Menanggulanginya

Posted by

Sebagai pengguna sepatu, rasanya ada beberapa keluhan yang bisa kita temukan manakala ada kendala dalam menggunakan sepatu. Mulai dari sepatu yang berbau, sepatu yang cepat kotor, hingga sol yang gampang jebol. Akhirnya mau tak mau kita harus mencari tahu cara menghilangkan bau sepatu sampai membersihkan sepatu supaya tidak kotor.

Ya, tentunya dengan mengetahui cara membersihkan sepatu dan cara menghilangkan bau sepatu, sepatu kita diharapkan bisa berfungsi maksimal. Mau bagaimana lagi, karena kita hidup di dunia yang semodern ini sehingga penggunaan sepatu menjadi hal yang tidak bisa dihindari. Kalau kamu di sektor formal, tentu harus memakai sepatu model pantofel. Kalau kamu di sektor industri kreatif pun sepatu sneakers yang keren-keren itu rasanya juga jadi bawaan wajib kamu. Intinya, kita tidak bisa lepas dari penggunaan sepatu.

Nah, di titik inilah ada beberapa kendala yang bisa muncul. Sepatu-sepatu murah pun bermunculan, menawarkan tampilan luar yang kesannya mirip padahal secara kualitas sangat buruk. Sepatu yang dinamakan sepatu KW atau replika seperti ini memang banyak masalahnya. Selain tidak menghargai produsen asli, mereka juga sedikit banyak “mengerjai” konsumennya yang rata-rata kelas menengah bawah.

Bahan yang dipakai sangat buruk, bahkan hanya dalam beberapa bulan penggunaan bisa segera rusak. Coba bandingkan dengan sepatu asli, yang bisa awet bertahun-tahun. Tentunya, meskipun murah, hal ini sangat merugikan para pembelinya, bukan? Belum lagi kehadiran masalah lain, seperti yang dijabarkan di atas, bau sepatu, sepatu kotor, hingga sepatu gampang jebol. Sangat tidak direkomendasikan untuk membeli sepatu jenis ini.

Nah, tapi sepatu original pun bukannya tak lepas dari masalah. Bau sepatu masih mungkin saja terjadi karena beberapa sebab, umumnya karena terlalu lembap dan tidak ada udara. Inilah pentingnya mengetahui penyebab bau sepatu, supaya kamu bisa melakukan tindakan sebelum bau sepatu menjadi parah. Untungnya, kalau kamu pakai sepatu original, kamu pasti akan lebih ikhlas membersihkannya dibanding sepatu-sepatu KW itu.

Ya, umumnya sepatu original memang berbahan bagus dengan daya tahan yang baik sehingga untuk dibersihkan pun pastilah cukup mudah; barangkali saja untuk merk tertentu punya “bengkel” resmi untuk perbaikan atau cuci sepatu tersebut.

Nah, kita-kira langkah yang seperti apa yang bisa dilakukan untuk membersihkan sepatu supaya tidak bau? Begini langkahnya.

Cuci dengan Benar

Penyebab bau sepatu yang pertama adalah kesalahan pada proses pencucian sepatu. Sepatu tidak bisa dicuci dengan cara direndam ke dalam baskom lalu diberikan detergen, yang ada sepatu akan rusak, dan ketika kering akan berbau. Oleh karena sepatu harus dicuci dengan benar, salah satu caranya dengan menyikat secara halus dari luar, lalu membersihkan sol dalam. Intinya tidak boleh dibilas dengan air seabrek-abrek

Jemur Secara Rutin

Kalau kamu jarang menjemur sepatumu, besar kemungkinan ia akan berbau karena tidak terjadi sirkulasi udara dari luar ke dalam sepatu. Kamu harus rutin menjemur sepatumu ketika sedang tidak digunakan, cukup diletakkan di tempat yang terkena sinar matahar. Nanti udara akan berputar, sehingga kelembaban pada sepatumu akan terangkat dan kondisi sepatumu jadi tidak bau lagi. Sederhana sekali bukan caranya? Maka dari itu rajinlah menjemur sepatumu secara rutin, dan sesekalinya mencucinya dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *