Ikuti Tips Agar Sepatu Tidak Bau Berikut Ini!

Posted by


Kondisi iklim yang tropis seperti di Indonesia membuat tubuh menjadi lembab dan mudah berkeringat. Hal ini sangat berpengaruh pula terhadap kondisi pakaian dan sepatu kita. Apalagi jika Anda termasuk orang yang kurang memperhatikan hal hal seperti itu. Bisa jadi, keringat yang terlalu banyak keluar di kaki menyebabkan bau yang tidak sedap pada sepatu. Pada awalnya mungkin Anda tidak terlalu peduli, namun pasti banyak orang orang di sekitar Anda yang merasa terganggu dengan bau sepatu tersebut. Nah, jika sudah begitu, Anda pasti akan akan sibuk mencari cara menghilangkan bau di sepatu.


Sebenarnya bau sepatu tidak hanya berasal dari keringat, namun bisa juga karena bahan dan struktur dari sepatu tersebut. Jika bau aneh tersebut berasal dari bahan sepatu, maka ada baiknya Anda membaca tautan berikut yang menjelaskan cara menghilangkan bau berdasarkan bahannya https://review.bukalapak.com/mens-style/5-cara-menghilangkan-bau-sepatu-sesuai-bahannya-29212.
Secara umum, bau pada sepatu atau kaki disebabkan oleh interaksi antara bakteri dan keringat. Kondisi kaki yang lembab cenderung basah, serta kondisi hangat di dalam sepatu, merupakan kombinasi yang ideal bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Hal ini diperparah jika Anda menggunakan kaus kaki lebih dari sehari.
Nah, berikut ada beberapa tips agar sepatu tidak bau. Yuk disimak!

  1. Anda harus mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari langsung dan membiarkan hingga kering betul. Namun perlu diperhatikan bahwa ada sepatu dengan bahan bahan tertentu yang lebih baik cukup diangin anginkan saja supaya tidak menjadi rusak. Oleh karena itu, penting untuk membaca petunjuk perawatan sepatu yang dimiliki.
  2. Beberapa sepatu, misalnya sepatu berbahan kanvas atau sepatu olahraga bisa dicuci lho! Jika kamu sudah merasa sepatumu super bau, ada baiknya mengambil deterjen dan mencuci sepatumu, baik dengan cara manual atau menggunakan mesin cuci.
  3. Tidak ada salahnya untuk mencoba cara cara tradisional dalam upaya menghilangkan bau sepatu. Salah satu tips agar sepatu tidak bau yang cukup terkenal adalah dengan menaburkan bubuk soda kue pada bagian dalam sepatu, kemudian biarkan semalaman dan keesokan harinya, bau sepatu pun hilang!
  4. Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah menyerap bau tidak sedap itu dengan koran. Gumpalan koran dipercaya mampu menyerap aroma yang tidak seimbang dan menetralisirnya. Caranya cukup masukkan gumpalan koran ke dalam sepatu dan biarkan semalaman.
  5. Jika menggunakan cara tradisional masih belum mempan, Anda harus mencoba produk yang memang dikhususkan sebagai penghilang bau sepatu. Produk produk seperti ini biasanya mengandung enzim tertentu yang mampu melawan bakteri penyebab bau kaki.
  6. Terakhir, jika masih belum mengurangi bau kaki padahal sepatu masih bagus (jadi Anda merasa sayang jika harus beli baru), solusinya adalah dengan mengganti sol dalam sepatu. Pilihlah bahan yang antijamur seperti yang berasal dari kain katun.
    Itu dia beberapa tips agar sepatu tidak lagi bau, ada beberapa tips tambahan yang mungkin bisa diimplementasikan, yaitu jika Anda memiliki lebih dari satu pasang sepatu, gunakan sepatu tersebut secara bergantian. Kemudian pastikan tidak menggunakan kaus kaki lebih dari sehari, jika memungkinkan, bawa kaus kaki cadangan, jaga jaga jika Anda mengalami hari yang super sibuk.
    Setelah itu, coba menggunakan bedak di antara sela sela jari kaki supaya menghambat laju keringat. Terakhir, pilihlah kaus kaki dengan bahan yang mampu untuk menyerap keringat. Bahan kaus kaki yang seperti ini biasanya terbuat dari katun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *