Begini Cara Menentukan Bra untuk Wanita Gemuk yang Tepat!

Posted by

Tanggal 13 Oktober adalah hari tanpa bra yang dirayakan oleh perempuan sedunia. Pada tanggal tersebut, banyak wanita yang memilih untuk tidak menggunakan bra seharian. Hal ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara. Nah, kampanye yang demikian, harusnya juga diikuti dengan pemahaman tentang keterkaitan antara bra dengan payudara. Salah satu yang penting adalah mementukan ukuran bra sesuai dengan kondisi tubuh. Salah satu kendala untuk menentukan ukuran bra ideal dialami oleh wanita yang memiliki tubuh di atas rata-rata. Meski demikian, jika pemilihan ukuran bisa dilakukan dengan benar, ukuran bra untuk wanita gemuk pun pasti ada dan tidak akan menyiksa tubuh.

cara-mengetahui-ukuran-bra-yang-tepat.jpg (646×323)

Dengan memilih bra untuk wanita gemuk dengan ukuran yang tepat, hal ini akan menghindarkan tubuh dari risiko nyeri pada punggung atau yang lazim dikenal dengan low back pain. Nah, kemudian bagaimana cara menentukan ukuran bra yang tepat? Simak caranya berikut ini.

Sebenarnya cara perhitungan saat mengukur ukuran bra yang ideal lumayan mudah, tetapi akan membingungkan Anda jika salah atau tidak tahu bagaimana mengukurnya. Secara garis besar, untuk menentukan ukuran yang akurat dari bra, Anda harus mengukur lingkar dada bawah dan lingkar payudara. Cara pengukuran ini dibantu dengan pita pengukur (pita yang biasanya digunakan oleh penjahit).

Hasil dari pengukuran itulah yang dijadikan patokan untuk menentukan ukuran dan jenis cup yang dipakai. Ukuran bra biasanya banyak tersedia dari nomor 32, 34, 36, dan seterusnya setiap kelipatan angka 2. Untuk jenis cup, tersedia mulai ukuran A, B, C, D dan seterusnya.

Nah, menentukan ukuran bra ini caranya adalah dengan melingkarkan pita pengukur pada lingkar dada tepat di bagian bawah payudara atau bisa disebut juga tulang rusuk teratas. Angka pengukuran yang dilihat adalah dalam ukuran inchi. Biasanya ukuran ini berkisar antara 32 sampai 40 jika yang diukur berukuran besar atau gemuk.

Cara-Menentukan-Ukuran-Bra-atau-BH-yang-Benar.jpg (538×317)

Nah, ukuran inilah yang menjadi dasar pemilihan ukuran bra. Setelah ukuran bra selesai, Anda harus mengukur lagi dengan skala inchi, pada lingkar dada yang berpayudara. Caranya, dengan meletakkan pita ukur di atas puting payudara, kemudian diputar mengelilingi lingkar dada.

Setelah didapatkan dua angka dalam satuan inchi, langkah selanjutnya adalah dengan menjumlahkan selisih antara pengukuran pertama dengan pengukuran kedua. Nah, selisih hasil inilah yang merepresentasikan ukuran cup yang pas untuk payudara Anda. Misalnya jika 1 adalah A, kemudian 2 menggunakan cup B dan begitu seterusnya.

Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa Anda melakukan pengukuran dengan tepat. Pengukuran dengan tepat ini meliputi  tempat atau bagian tubuh yang diukur dan cara peletakan pita. Hasil yang tidak akurat, tentu menyebabkan pemilihan bra Anda pun tidak pas.

Meski demikian, seiring dengan perjalanan usia, payudara seorang wanita pun akan mengalami perubahan bentuk serta ukuran. Contoh paling mudah adalah saat usia remaja, biasanya payudara tidak akan sebesar wanita dewasa. Oleh karena itu, sangat wajar jika terjadi perubahan ukuran bra sehingga Anda pun memang harus melakukan pengukuran lingkar dada secara berkala untuk memastikan jika ukuran yang digunakan saat ini sudah tepat.

Jika sudah merasa bra yang digunakan tidak nyaman dan terasa ketat, jangan ragu untuk melakukan pengukuran ulang dan membeli bra yang baru yang sesuai dengan kondisi tubuh saat ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *