Rawat Sepatumu dengan Cara Membersihkan Sepatu Kulit yang Tepat

Posted by

Coba cek ke lemari sepatu kamu, ada berapa banyak sepatu yang kamu punya? Biasanya, dari sekian banyak sepatu yang kamu punya beberapanya pasti berbahan dasar kulit. Yup, sepatu kulit entah dengan desain sepatu apapun merupakan jenis bahan sepatu yang cukup difavoritkan banyak orang karena bahannya yang cukup kuat dan harganya yang lumayan.

Dibandingkan dengan sepatu yang berbahan dasar fiber atau kain, sepatu berbahan kulit mempunyai keunggulannya sendiri, ada kebanggaan juga manakala memakai sepatu kulit. Tapi, ternyata jenis sepatu kulit pria adalah jenis sepatu yang seringkali bermasalah ketika dipakai.

Bukan apa-apa, pria yang punya mobilitas dan kegiatan tinggi; berkendara dengan motor, serta kegiatan berat lain, rentan membuat kotor sepatunya. Yups, sepatu yang dipakai pria memang sangat rentan menjadi kotor, lho. Lalu, apakah ini sebuah masalah besar? Sebenarnya tidak juga, namun cukup disayangkan kalau sepatu yang dibeli dengan harga cukup mahal berakhir kotor karena jarang dibersihkan.

Untuk itulah para pria harus mengetahui cara membersihkan sepatu kulit supaya sepatu yang digunakan dapat kembali sebagus semula.

Bagaimana cara membersihkan sepatu kulit? Tentu harus ditentukan dulu model sepatu apa yang dipakai, karena beberapa sepatu olahraga pun ada yang berbahan kulit. Namun, biasanya sepatu jenis pantofel lah yang paling banyak ditemui memakai bahan dasar dari kulit. Sulit tidak sih memberishkan sepatu kulit? Prosesnya relatif mudah, apalagi kalau kamu memang cukup awet dalam memakai sepatumu.

Bahan-bahan untuk membersihkan sepatu kulitmu tak berbeda jauh dengan ketika kamu hendak menyemirnya. Siapkan sikat, kain, dan cairan pembersih, atau sekalian dengan semir. Nah, kalau bahan-bahannya sudah siap, sekarang mari ikuti langkah-langkah membersihkan sepatu kulit pria di bawah ini.

 

 

  1. Bersihkan Kotoran dan Debu dengan Sikat Sepatu

Saphir Oval shoe brush - black

Properti yang akan kamu gunakan adalah sikat sepatu. Kamu akan menggunakan sikat sepatu ini untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tersisa di sepatumu, tujuannya supaya ketika diberi pembersih, sudah tidak ada kotoran yang menempel. Sikat perlahan di permukaan sepatu, ingat jangan disikat terlalu keras supaya tidak merusak sepatu, mengingat bahan sepatu ini adalah kulit. Bersihkan seluruh sepatu termasuk sol.

 

  1. Bersihkan Sepatu dengan Lap dan Sabun

Shoe cleaning restore kit for Nike retro Jordan sneaker ...

Gunakan lap basah untuk membersihkan sepatu. Teteskan sabun cair atau cairan khusus pembersih sepatu ke atas lap basan tersebut. Kemudian lap sekujur sepatu sampai semuanya tercuci. Setelah itu bilas dengan lap kering lain untuk mengeringkan sepatu yang telah diberi sabun tersebut.

 

  1. Gunakan Semir untuk Mempercantik Sepatu

Leather Shoe Care Guide: Take Proper Care of Leather shoes ...

Langkah ini adalah langkah opsional yang tak harus kamu ikuti apabila jenis sepatumu adalah jenis sepatu yang tak bisa atau tak perlu disemir. Khusus untuk sepatu jenis pantofel, nampaknya membersihkan sekaligus dengan menyemir sepatu adalah langkah tepat. Gunakan kain kering dan beri olesan semir sepatu, lalu semir ke sekujur sepatu pantofel kulit hingga merata. Kemudian sepatumu siap digunakan.

 

Itulah tiga langkah utama dalam membersihkan sepatu berbahan dasar kulit yang bisa kamu coba di rumah. Kamu bisa membersihkan sepatumu sekaligus juga menyemirnya untuk mendapatkan hasil yang super maksimal untuk penampilanmu. Usahakan untuk rutin membersihkan sepatumu supaya kotoran yang berada di sepatu tidak tinggal terlalu lama yang bisa merusak sepatu dalam jangka panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *