Ketahui Jenis dan Cara Memilih Sarung Tangan Safety

Ketahui Jenis dan Cara Memilih Sarung Tangan Safety

Posted by

Mungkin sarung tangan safety ini sudah tidak asing lagi di masyarakat. Terutama untuk mereka yang bekerja dengan potensi bahaya yang cukup tinggi. Pemakaian hand gloves sudah menjadi kebutuhan untuk melindungi tangan dari benda-benda tajam, panas dan bahan kimia serta menghindari cedera saat bekerja. Berikut adalah beberapa jenis-jenis hand gloves yang sebaiknya anda ketahui berdasarkan fungsi dan bahan penyusunnya.

Ketahui Jenis dan Cara Memilih Sarung Tangan Safety

  • Abrasive hand gloves

Jenis ini bisanya yang paling sering digunakan ketika bekerja di permesinan terutama abrasive. Jenis ini akan tahan terhadap abrasi yang diakibatkan oleh gesekan karena materialnya dengan formulasi nitrile.

  • Lifting hand gloves

Jenis ini terbuat dari kain yang berserat dan digunakan untuk meminimalkan potensi selip saat mengangkat sesuatu dan agar melindungi  tangan terhadap goresan benda tajam. Untuk menambahkan kekautan saat mencengkram, ada beberapa lifting hand gloves yang dilengkapi dengan lapisan karet pada bagian telapak tangannya.

  • Chemical resistant gloves

Sesuai dengan namanya, sarung tangan ini bisanya digunakan oleh orang-orang bekerja dilingkup laboratorium, wet analysis dan pengecatan karena berhubungan langsung dengan bahan kimia. Pada bidang kedokteran dan laboratorium kimia, chemical gloves terbuat dari latex, nitrile, dan vinyl karena sifatnya yang tidak akan tembus terhadap cairan, namun hanya bisa sekali pakai saja. Untuk pekerjaan pengecatan, biasanya terbuat dari bahan pvc  dengan memiliki lengan yang lebih panjang dan tebal jika dibandingkan dengan chemical reisitent gloves lainnya.

  • Heat resistant gloves

Heat resistant gloves biasanya digunakan oleh para pekerja las, blander dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan suhu tinggi.  jenis ini bisanya lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis sarung tangan lainnya karena terbuat dari kulit dan terdapat lapisan kain halus didalamnya. Sehingga berfungsi sebagai isolator panas yang akan melindungi tangan dari panas atau suhu yang tinggi.

  • Impact hand gloves

Jenis ini dilenglapi dengan fitur shock absorber dimana ketika tangan tertimpa benda yang jatuh maka impact hand gloves ini akan menyerap energi  tumbukan sehingga tangan tidak terkena energi tumbukan secara penuh.

Selain jenis-jenis yang telah dipaparkan diatas, berikut adalah cara memilih sarung tangan safety yang benar:

  • Pilih dengan bahan yang memiliki kualitas tinggi
  • Pilih dengan ukuran yang pas dengan tangan, tidak kebesaran dan juga tidak kekecilan
  • Periksa kerapihan jahitan untuk menghindari tangan lecet akibat gesekan
  • Pilihlah sesuai dengan kegunaan atau fungsinya
  • Pastikan bantalan pada permukaannya cukup aman dan kuat
  • Pilih gloves yang nyaman saat digunakan dan menutupi penuh sampai pergelangan agar tangan terlindungi dengan maksimal.

Baca juga artikel menarik lainnya di fashionkita.com

Sebenarnya masih ada banyak lagi jenis dari sarung tangan safety lainnya. semoga informasi yang diberikan diatas dapat menambah pengetahuan anda ketika akan membeli. Semakin sesuai gloves yang anda pakai, tentunya akan semakin kecil pula potensi bahayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *