Pemakaian Cincin Tunangan Itu di Jari Mana?

Posted by

Ketika usia seseorang memasuki 25, tentu ada kalanya media sosial yang mereka punyai memunculkan timeline teman-teman yang telah menikah ataupun bertunangan. Tak jarang, demi membagikan kebahagiaan, foto-foto acara beserta foto cincin tunangan yang melekat indah di jari turut ditampilkan.

Berbicara mengenai cicin tunangan, bagi kamu yang sedang mempersiapkan hari spesial itu, pastilah akan mencari dan mulai memerhatikan harga-harga dan model benda kecil yang satu itu.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai cincin tunangan seperti apa yang bisa kamu jadikan referensi, kamu bisa baca selengkapnya di sini untuk mengetahui model cincin tunangan yang biasa dipakai kalangan artis, bahkan artis Hollywood.

Semua orang pastilah menginginkan kebahagiaan bersama pasangannya. Momen yang bisa jadi kenangan indah sekali seumur hidup itu akan menjadi langkah awal menjaga komitmen sebelum melangsungkan pernikahan. Di momen ini, kedua keluarga yang bukan keluarga sedarah akan bertemu, dan inilah yang bisa menandai titik persaudaraan dimulai.

Mempersiapkan hal spesial, mestinya tidak main-main bukan? Walaupun belum akan semeriah pernikahan, nyatanya, pertunangan tetap menjadi acara yang ditunggu.

Salah satu hal yang identik dengan pertunangan apalagi kalau bukan cincin tunangan yang akan bercokol di jari calon pasangan yang hendak menikah itu. Kehadirannya seperti sudah menjadi kewajiban dalam acara pertunangan. Orang Jawa biasa menyebut acara tukar cincin. Cincin ini akan menjadi simbol bahwa kedua pasangan telah berkomitmen. Selain itu, makna lain dari cincin adalah sebagai penanda ikatan pasangan tidak akan lepas hingga hari pernikahan tiba.

Model cincin tunangan yang bisa kamu pakai dengan pasangan tentu disesuaikan dengan selera kamu dan pasangan kamu. Setiap orang tentunya memiliki selera yang berbeda. Yang penting dalam pemilihan cincin tunangan ini adalah kedua belah pihak sudah menyetujui modelnya. Hal ini bertujuan agar tidak ada persoalan dan perselisihan yang menimbulkan kekecewaan. Selain model, kamu juga perlu memerhatikan kualitas bahan apa yang dipakai, juga ukuran cincin itu. Kalau tidak, bisa-bisa cincin tunangan yang kamu kenakan malah kebesaran ataupun kekecilan.

Setelah mendapatkan cincin tunangan, kamu tinggal menunggu hari H acara untuk pemakaian cincin tunangan. Pemakaian cincin tunangan dilakukan dengan cara memasangkan cincin ke jari pasangan kamu. Pernahkah kamu bertanya mengenai pemakaian cincin tunangan yang benar itu di sebelah mana? Pertanyaan yang sederhana tetapi punya substansi yang dalam.

Pada umumnya, pemakaian cincin tunangan itu dipasangkan di jari tangan kiri. Hal ini sudah biasa dilakukan dari generasi ke generasi. Jari tangan kiri kan ada lima, lalu di manakah kamu bisa memasangkan cincin tunangan kamu? Sebenarnya di jari manapun kamu hendak memasangkan cincin tunangan itu boleh-boleh saja kok. Tidak ada pedoman khusus, misalnya harus dipasang di jempol. Akan tetapi, menurut kebanyakan pengalaman orang, mereka akan memasangkan cincin tunangan pada jari manis pasangan. Itu loh jari yang di sebelah kelingking.

Jika kamu bertanya “Mengapa di jari manis sebelah kiri?” Memang belum ada jawaban yang pasti. Ibarat kata ini sudah menjadi aturan yang tak baku dan tinggal tergantung kamu hendak mengikuti aturan tidak baku ini atau tidak. Aturan tidak baku ini terkadang menimbulkan persepsi bahwa orang yang memakai cincin di jari manis sebelah kiri berarti sudah tunangan. Sebaliknya, jika ada orang yang memakai cincin di jari manis sebelah kanan berarti orang itu sudah menikah. Kembali lagi, ini bisa jadi benar dan tidak.

Nah, sekarang tinggal kembali ke kamu hendak memasangkan di jari yang mana. Yang terpenting kan hati kalian sudah menyatu dan terikat juga kan, guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *