Cara Cerdas Merawat Kalung Emas Agar Tidak Mudah Pudar

Cara Cerdas Merawat Kalung Emas Agar Tidak Mudah Pudar

Posted by

Tidak ada keraguan bahwa emas adalah logam perhiasan abadi yang tidak akan pernah ketinggalan zaman. Apakah Anda hanya memiliki beberapa keping emas atau sebagian besar kotak perhiasan Anda didominasi oleh emas, tips ini akan membantu memastikan bahwa perhiasan favorit Anda bertahan seumur hidup terutama untuk perhiasan kalung emas.

Cara Cerdas Merawat Kalung Emas Agar Tidak Mudah Pudar

Jika perhiasan dirawat dengan benar, perhiasan emas dapat bertahan selama bertahun-tahun. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat secara teratur saat memakai perhiasan emas:

  • Emas adalah logam lunak.

Emas memiliki kilau tersendiri. Ini membuat rentan terhadap bantingan, goresan, dan penyok. Berhati-hatilah dengan kalung, cincin emas, jam tangan, dan gelang Anda saat Anda memakainya.

  • Klorin.

Adalah musuh terburuk emas, dengan paparan berulang, klorin akan melemahkan struktur perhiasan emas Anda dan akhirnya menyebabkan kerusakan. Pastikan untuk melepas perhiasan Anda sebelum masuk kolam renang atau spa.

  • Tutup atau angkat saat membersihkan.

Pembersih rumah tangga dengan asam atau bahan abrasif akan merusak hasil akhir perhiasan Anda. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan karet saat membersihkan (sebaiknya tetap lakukan ini untuk melindungi kulit Anda) atau hilangkan perhiasan Anda sama sekali.

  • Letakkan perhiasan Anda pada saat terakhir bersiap-siap.

Makeup, parfum, hairspray, dan lotion dapat merusak emas Anda. Pastikan untuk meletakkan benda-benda ini sebelum perhiasan Anda untuk membatasi exposure.

Baca juga: Lakukan 4 Pertimbangan Ini dalam Memilih Aksesoris Kalung yang Akan Dipakai

  • Lepas perhiasan sebelum mandi.

Memakai perhiasan saat Anda mandi dapat menyebabkan penumpukan sabun yang akan menyebabkan film pada perhiasan Anda.

Ketika kalung emas dikenakan secara teratur, perhiasan emas Anda terkena minyak kulit, keringat, debu, riasan, dan banyak lagi. Agar tetap bersinar, Anda harus membersihkan perhiasan Anda secara teratur dengan larutan air hangat dan sabun cuci dan ada beberapa kiat tambahan seperti berikut:

  • Anda harus merendam potongan perhiasan emas Anda selama 3 jam dan kemudian gosok dengan lembut menggunakan sikat yang sangat lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap.
  • Untuk kilau ekstra, gunakan kain polishing perhiasan, setelah ini jangan gunakan handuk atau tisu kertas karena ini dapat menggores perhiasan Anda.
  • Bersihkan dengan sabun sesuai kebutuhan: dengan segala cara, bersihkan perhiasan Anda di rumah, tapi, jangan berlebihan. Bersihkan perhiasan Anda seperlunya jika terlihat kotor atau mengumpulkan patina.
  • Pembersih yang disetujui perhiasan adalah alkohol gosok sangat bagus untuk membersihkan dan jauhi pemutih.

Selama pembersihan perhiasan biasa, waspadalah kerusakan atau batu yang longgar. Membersihkan potongan yang rusak hanya dapat memperburuk masalah. Setelah Anda memakai dan membersihkan kalung emas atau perhiasan emas Anda lainnya maka langkah selanjutnya dalam merawatnya dengan benar adalah dengan menyimpannya dengan menggunakan kotak perhiasan yang bersih, kering, dan dilapisi kain dan bungkus setiap bagian dalam kain lembut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *