Beberapa Model Dan Cara Mengenakan sorban Yang Baik

Beberapa Model Dan Cara Mengenakan sorban Yang Baik

Posted by

Sorban merupakan salah satu jenis akseseoris penutup kepala yang menjadi indentitas para pria muslim diseluruh dunia walaupun tidak semua yang mengenakannya jadi tidak heran saat ini banyak anak-anak muda hingga kalangan yang sudah berumur mulai menggunakannya dan bukanlah kopiah ketika hendak sholat.

Beberapa Model Dan Cara Mengenakan sorban Yang Baik

Cara pemakaian sorban syar’i untuk pria adalah dikenakan dikepala dan sesuai dengan batas kewajaran atau sopan.  Aksesoris jenis ini terdapat berbagai jenis ada yang dikenakan dengan dililitkan pada bagian semua kepala. Berikut ini beberapa cara yang dapat diterapkan.

  • Model kekinian ala anak muda

Model kekinian ala anak mudah ini cukup digandrungi oleh para anak muda muslim karena model yang kekinian  serta cara mengenakannya tidak ribet. Berikut ini cara mengaplikasikannya

  • Langkah pertama lipat dua surban berbentuk persegi lalu bentuk menjadi segi tiiga.
  • Kemudian letakkan dikepala dengan bagian sisi kiri dan kanan sama panjang.
  • Selanjutnya pelintir bagian pinggir sorban, dimulai dari sebelah kanan terlebih dahulu lalu tarik kearah belakang kepala sampai bagian depan kepala. Kemudian ambil bagian ujung kain dan selipkan kebagian bawah disekitar telinga dan jangan lupa rapikan lilitan yang telah anda aplikasikan.
  • Kemudian lakukan pelintiran yang sama pada bagian sebelah kiri,  pastikan lilitan antara sisi kiri dan kanan saling menyatu dan rapikan.
  • Langkah terakhir adalah cek terlebih dahulu apakah masih ada rambut-rambut yang keluar karena akan menggangu penampilan anda dan jangan lupa rapikan semua bagian sorban agar lebih rapi.
  • Model ala pangeran arab

Masih ingat kan? Beberapa waktu lalu ketika Raja Salman berkunjung ke Indonesia, banyak mata para wanita penduduk di Indonesia tertuju pada pengeran Arab tersebut. Tak hanya karena wajah tampan tetapi mereka juga melihat penampilannya yang memukau dan tak heran salah satu model sorban yang dikenakannya banyak yang diminati.

  • Langkah pertama lipat dua sorban berbentuk segi empat menjadi segi tiga. Langkah pertama sama seperti yang dilakukan pada model kekinian anak muda. Kemudian bagian yang panjang bentuk segitiga lalu dilipat lagi kurang lebih dengan panjang 10 cm untuk beri aksen berantakaan di bagian depan.
  • Setelah itu letakkan di kepala dengan panjang bagian sisi kiri dan kanan sama panjang. Mulai ambil sisi kanan dan pelintir sedikit lalu tarik kke belakang kepala sampai ke depan kepala. Jangan terlalu kuat tetapi dibuat agak longgar namun tetap pas di kepala.
  • Selipkan bagian ujung agar tidak lepa. Lakukan hal yang sama pada sisi yang satunya. Kemudian lipat dibagian depan wajah agar memberi kesan lebih unik ala pangeran Arab.
  • Model ala anak santri

anak santri biasanya selalu identik mengenakan sorban dan hampir setiap hari mereka mengenakannya. Biasanya sorban yang dipakai anak santri terbuat dari bahan kaos putih dengan ukuran yang panjang dan biasanya dipadukan dengan peci putih tipis yang pas di kepala. Cara memakainya cukup dililitkan sederhana.

Baca juga: Ternyata Ini Arti Sebuah Sorban Bagi Orang Sikh yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa model sorban yang dapat diaplikasikan untuk kebutuhan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *