Potong Rambut Sendiri di Rumah, Siapa Takut? Ini Triknya

Posted by

Ada banyak sekali potongan rambut pria 2018 dan juga wanita di tahun ini yang menarik. Sebut saja model pompadour, model ikal, hingga model pixie-cut. Kebanyakan orang pasti akan pergi ke salon profesional untuk mewujudkan keinginan mereka memiliki rambut sesuai tren. Namun bila Anda merasa malas untuk pergi ke salon, Anda juga bisa memotong rambut sendiri di rumah lho.

Baca di sini

Ya, Anda tidak salah baca. Memotong rambut sendiri di rumah dengan gaya yang trendy amat mungkin dilakukan kendati Anda belum pernah melewati pendidikan stylist profesional. Hanya saja, dibutuhkan beberapa peralatan dan tentunya kecermatan. Lalu, bagaimana kiat memotong rambut sendiri di rumah bak profesional? Yuk kita simak caranya di sini:

1.Siapkan model yang Anda inginkan

Pertama-tama, cari tutorial cara memotong rambut pria atau wanita yang Anda inginkan di Internet dalam kualitas serta resolusi tinggi. Setelah itu, cetak gambar tutorial potongan rambut tersebut, kemudian tempelkan di kaca.

Oh ya, bila Anda memiliki ponsel berukuran layar besar atau bahkan tablet, Anda tak perlu mencetak tutorial potongan rambut tersebut. Cukup tampilkan gambar itu dalam tampilan layar penuh sebagai acuan. Yang penting, gambar terlihat jelas dan tidak membingungkan.

  1. Siapkan peralatan potong rambut

Beberapa peralatan potong rambut yang akan Anda perlukan adalah sebagai berikut: hair-dryer, sisir bergigi rapat, sisir bergigi jarang, gunting tajam, jepit rambut, dan juga karet. Hair-dryer berfungsi untuk melakukan blow pada rambut, dua sisir berfungsi untuk menarik dan menata rambut, dan jepit serta karet memiliki kegunaan sebagai pemisah rambut.

Bila peralatan-peralatan itu telah siap, kini saatnya bagi Anda untuk memotong rambut Anda sendiri di rumah.

  1. Pastikan tangan kering

Pastikan tangan Anda kering dan bebas dari air serta keringat. Apa alasannya? Tangan yang basah dan lembap akan mempersulit proses pemotongan rambut, lho. Bisa saja gunting yang Anda gunakan terjatuh saat memotong rambut karena tangan yang licin.

Untuk itu, selalu cuci kedua tangan Anda sebelum memotong rambut. Setelah itu, usap sisa air dengan handuk atau dengan tisu agar kering. Oh ya, potong terlebih dahulu kuku Anda sebelum memotong rambut, karena sebetulnya, kuku yang panjang juga cukup mengganggu saat Anda tengah memotong rambut.

  1. Keramas terlebih dahulu

Langkah ini sebetulnya tidak terlalu wajib Anda lakukan. Namun, apabila Anda ingin mempermudah proses pemotongan rambut, Anda dapat melakukannya. Keramas sebelum memotong rambut dapat membuat rambut lebih lemas dan lebih mudah ditata.

Bila Anda ingin keramas usai potong rambut, Anda bisa terlebih dahulu menyemprot rambut Anda hingga basah sebelum memotong rambut agar rambut mudah dipotong dan mudah untuk diatur.

  1. Potong dengan hati-hati

Kini saatnya bagi Anda untuk memotong rambut. Duduk dengan tenang di depan kaca besar, hadapkan gambar tutorial yang Anda inginkan ke wajah Anda. Kemudian, potong rambut sesuai dengan petunjuk yang ada di sana.

Anda juga bisa meminta bantuan orang lain di rumah Anda dalam memotong rambut lho. Minta orang tersebut untuk membantu memegang rambut Anda atau mengawasi potongan rambut Anda sambil menyimak tutorial.

Memotong rambut sendiri di rumah memang terbilang menantang. Namun, bukan berarti hal tersebut tak mungkin untuk Anda lakukan bukan? Lagipula selain lebih privat, Anda pun bisa lebih menghemat uang dengan memotong rambut sendiri. Nah, jangan ragu untuk mencobanya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *