Begini Cara Membersihkan Sepatu Boots Suede Kamu!

Posted by

Sepatu boots wanita yang berbahan suede sangat rentan terhadap goresan dan noda sehingga sulit untuk dibersihkan. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir! Cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk membesihkan sepatumu yang berbahan suede.

Gunakan Sikat Khusus untuk Menyikat Sepatu

Untuk membersihkan noda kotor dan bekas goresan, gunakan sikat khusus untuk membersihkan sepatu berbahan suede. Bahan suede memang memiliki partikel yang halus sehingga untuk membersihkannya sebaiknya menggunakan sikat khusus. Kamu bisa membeli sikat tersebut dengan seperangkat pembersih khusus bahan suede.

Untuk membersihkan sepatu suede, pastikan terlebih dahulu sepatu dalam keadaan kering. Bahan ini sangat sensitif terhadap air sehingga noda kotor dan bekas goresan sebaiknya dibersihkan saat sepatu dalam keadaan kering.

Sikatlah sepatu secara perlahan untuk menghilangkan kotoran. Gunakan sikat pembersih khusus suede untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada sepatu suede-mu. Sikatlah sepatu dengan gerakan searah. Untuk menghindari sepatu suede-mu agar tidak rusak, jangan menyikatnya dengan gerakan bolak-balik.

Jika noda gores sulit untuk dihilangkan, sebaiknya kamu menyikatnya dengan kuat. Pada goresan yang warnanya pudar dan sulit untuk disikat, cobalah mencungkil bagian yang tergores tersebut menggunakan pisau. Hal ini agar bulu-bulu halusnya dapat terangkat.

Gunakan Penghapus Karet untuk Membersihkan Sepatu

Kamu juga bisa menggunakan penghapus untuk membesihkan noda membandel. Bekas goresan dan noda kotor yang tidak bisa disikat biasanya dapat dihilangkan dengan cara digosok menggunakan penghapus karet.

Sebenarnya kamu juga bisa membeli penghapus khusus suede yang memang dirancang untuk membersihkan noda seperti ini. Hapus noda tersebut dengan tekanan sedang dan lakukan lebih keras lagi jika nodanya sulit menghilang. Ketika noda kotoran berhasil dihilangkan, sepatu akan terlihat seperti baru.

Sikat Sepatu Suede dengan Air     

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan sepatu suede adalah menyikatnya dengan air. Pertama, basahi seluruh bagian luar sepatu. Kemudian, bubuhkan sedikit air dengan sikat. Meskipun air dapat memudarkan warna suede, namun pemberian air yang tepat ternyata bisa menyingkirkan noda yang menempel pada sepatu suede-mu, lho.

Untuk mengelap sepatu suede, kamu bisa menggunakan spons atau lap kering agar air yang berlebihan terserap dengan baik. Gosok seluruh permukaan sepatu secara merata hingga noda air tidak terlihat lagi.

Keringkan Sepatu dengan Cara yang Benar

Cara berikutnya, kamu bisa memasukkan gumpalan kertas ke dalam sepatu. Hal ini akan membantu menyerap air yang berlebihan di bagian dalam sepatu. Gunakan gumpalan kertas kering untuk membantu menjaga bentuk sepatu. Tapi perlu kamu ingat bahwa jangan coba-coba untuk menggunakan kertas koran. Mengapa demikian? Rupanya jika menggunakan kertas koran, tinta dari koran tersebut bisa menempel ke bagian dalam sepatu.

Setelah mencuci sepatu suede-mu, biarkan sepatu mengering hingga semalaman. Kamu hanya perlu meletakkan sepatu di ruangan yang sejuk dan berventilasi baik. Biarkan air di dalam sepatu tersebut menguap sendirinya.

Jika sudah kering, sikat sepatu pelan-pelan menggunakan sikat suede. Hal ini akan membantu mengembalikan partikel suede ke posisi semula. Dengan begitu, sepatu suede-mu bisa digunakan kembali.

Selain menggunakan cara-cara di atas, berikut ini terdapat beberapa tips dalam membersihkan sepatu.

  • Apabalika kamu tidak ingin memakai sepatu tersebut dalam waktu yang lama, bungkuslah sepatu dengan kertas tisu dan masukkan ke dalam kotak sepatu.
  • Jauhkan sepatu dari kelembapan dan cahaya, hal ini karena suede bisa berjamur dan warnanya memudar dalam keadaan tersebut.
  • Jika ingin menghilangkan noda kotor dengan cepat, kamu bisa menekannya pelan-pelan dengan tisu.
  • Jangan pernah mengecat sepatu suede karena hal ini malah akan merusak sepatu
  • Jika tali sepatu kotor, cucilah sesuai dengan jenis bahannya.

Sumber gambar:

liputan6.com (gambar 1)

Mbtiforum.com (gambar 2)

Sumber: https://review.bukalapak.com/fashion/trendy-7-jenis-sepatu-wanita-ini-wajib-dikoleksi-21304

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *