Tips Merawat Jaket Parasut dengan Benar

Tips Merawat Jaket Parasut dengan Benar

Posted by

Jaket parasut adalah jaket yang bahan lapisan luarnya terbuat dari bahan parasut, bahan ini memang mirip dengan bahan parasut untuk terjun payung. Jaket ini akan sangat nyaman untuk digunakan ketika musim hujan maupun pada saat mendaki Gunung. Bahannya yang ringan dan tahan terhadap air menjadi alasan mengapa banyak orang yang menyukainya.

Tips Merawat Jaket Parasut dengan Benar

Selan itu jaket parasut juga memiliki ketebalan yang cukup sehingga akan cocok digunakan untuk mengendarai motor dan akan membuat tubuh tetap hangat pada saat terkena terpaan angin. Lalu tahukah anda bagaimana cara yang benar dalam merawat jaket dengan bahan tersebut ? jika belum tahu maka simaklah tips merawat jaket dibawah ini :

  • Mencuci

Pada saat mencuci jaket maka sebaiknya dilakukan dengan cara merendam selama sekitar 15 menitan. Jangan terlalu lama agar serat dari bahan tersebut tidak menjadi rusak, kemudian setelah direndam kucek. Jika memang terdapat noda atau kotoran membandel maka bisa dengan disikat dengan sikat berbulu halus.

Setelah noda bersih maka selanjutnya tinggal di bilas menggunakan air bersih dan pastikan bahwa busa sabun telah hilang seutuhnya. Ini bisa dilakukan dengan memeras beberapa kali, kemudian tinggal di jemur di bawah terik matahari.

  • Setrika

Jaket parasut tidak perlu disetrika untuk membuatnya terlihat halus, justru apabila disetrika jaket malah akan rusak. Bahan parasut jika disetrika justru akan mengkerut dan kusut karena memang bahannya tidak tahan terhadap panas. Jika dipaksakan maka sudah pasti jaket malah akan robek. Nah jika memang terlalu lecek maka pada saat setrika baliklah jaket dan setrika pada bagian dalam jaket yang biasanya dilapisi oleh bahan kain biasa.

  • Penyimpanan

Karena bahan parasut adalah bahan yang sangat fleksibel maka anda bisa menyimpannya sesuai dengan kebutuhan. Bisa di gantung ataupun bisa juga dilipat dalam lemari. Untuk membuat jaket menjadi awet maka sebaiknya pilih untuk melipatnya dengan rapi kemudian masukkan dalam lemari yang bebas jamur.

Hal tersebut bertujuan agar jaket lebih aman ketika tersimpan dan juga bisa terhindar dari jamur yang biasanya akan membuat bau menjadi tidak sedap. Selain itu apabila dibiarkan di lemari yang tidak bebas jamur maka memungkinkan jaket menjadi rusak.

 Baca juga artikel menarik lainnya di fashionkita.com

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk merawat jaket parasut dengan benar. Sebagai tambahan sebaiknya pada saat merendam jaket di dalam air yang ada deterjen jangan terlalu lama agar tidak rusak. Kemudian pada saat dijemur maka sebaiknya setelah kering segera angat, tidak perlu menunggu sampai matahari tenggelam agar warna tidak cepat pudar. Dan yang terakhir adalah pastikan untuk segera mencuci jaket yang telah digunakan agar tidak ada jamur yang menghuni, jamur jika sudah meninggalkan noda maka sulit dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *