Tips Memilih Sepatu yang Tepat untuk Anak Sekolah

Tips Memilih Sepatu yang Tepat untuk Anak Sekolah

Posted by

Sepatu menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dengan pendidikan di Indonesia. Semua sekolah mewajibkan siswanya untuk menggunakan sepatu saat mengikuti kegiatan belajar di area sekolah. Karenanya, sepatu sekolah menjadi barang yang selalu dicari dan laris manis saat menjelang kenaikan kelas atau ketika akan masuk ke tahun ajaran baru. Bagi Anda para orang tua yang saat ini sedang bingung untuk membelikan sepatu bagi putra-putrinya, berikut ini adalah beberapa tips memilih sepatu yang bisa dipraktekkan agar mendapatkan sepatu yang pas dan sesuai untuk kebutuhan.

Tips Memilih Sepatu yang Tepat untuk Anak Sekolah

  • Peraturan sekolah.

Beberapa sekolah memberikan peraturan khusus mengenai penggunaan sepatu tertentu. Misalnya pada sekolah kejuruan yang memberikan aturan penggunaan sepatu safety pada siswanya, atau sekolah dasar yang masih menggunakan aturan sepatu dengan warna hitam saja yang boleh digunakan. Aturan-aturan tersebut sebelumnya harus Anda ketahui dan perhatikan agar bisa membeli sepatu yang dapat digunakan dengan benar di sekolah.

  • Model sepatu.

Seorang pelajar bisa memiliki lebih dari satu buah sepatu dan diharapkan memang demikian sehingga ketika sepatu A dicuci masih bisa menggunakan sepatu lainnya. Selain itu model sepatu yang berlainan bisa menjadi cara yang tepat untuk memilih sepatu mana yang akan digunakan. Misalnya ketika ada pelajaran olahraga Anda bisa memilih model sepatu sport untuk keamanan dan kenyamanan kaki ketika berolahraga. Kemudian saat ada kegiatan upacara bendera, pelajar putri bisa memilih menggunakan sepatu pantofel yang memberikan suara ketukan saat melangkah.

  • Tali atau tanpa tali.

Tips memilih sepatu berikutnya adalah memilih sepatu dengan tali atau tanpa tali. Memang kelihatannya sederhana namun memiliki perbedaan yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki putra-putri masih kecil seperti yang berada di sekolah TK atau SD sebaiknya memilih sepatu tanpa tali sehingga lebih aman dari kejadian terjatuh akibat menginjak tali yang terlepas. Anda bisa menggantinya dengan sepatu yang menggunakan perekat agar tetap kencang digunakan. Sebaliknya jika memiliki putra-putri remaja, pilihan sepatu bertali akan lebih disukai karena lebih trendy dan dapat meningkatkan kreatifitas ketika memakaikan tali di sepatunya.

Baca juga: Tips Paling Penting Dalam Memilih Sepatu Branded Yang Aman

  • Warna dan gambar.

Urusan yang satu ini sebaiknya diserahkan pada pemakai sepatu nantinya. Anda bisa mengajak putra-putri untuk memilih sendiri gambar atau warna apa yang diinginkan untuk digunakan. Namun pastikan selera mereka tidak bertentangan dengan peraturan sekolah.

Itulah beberapa tips memilih sepatu yang bisa Anda gunakan untuk memilih sepatu yang nantinya dipakai oleh anak saat mengikuti pelajaran di sekolah. Dengan menggunakan sepatu yang trendy namun nyaman dipakai, akan membuat proses belajar semakin menyenangkan. Selain itu kaki putra-putri Anda juga akan lebih aman dari gangguan atau kotoran yang sering ada di jalan raya maupun di lapangan sekolah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *