Maksud Dari Baju Syar’i Menurut Pandangan Islam

Maksud Dari Baju Syar’i Menurut Pandangan Islam

Posted by

Hijab atau jilbab sebenarnya bukan hanya untuk penutup kepala atau kerudung,saat ini hijab menjadi trend diberbagai kalangan di Indonesia. Hampir setiap setiap hari muslimah memakainya, walaupun ada yang memakainya  pada saat saat tertentu saja. Pada jaman ini trend menjadikan fungsi hijab tidak lagi untuk menutup aurat dan cenderung untuk mempercantik penampilan semata. Hijab yang sesuai dengan aturan adalah yang ada dalam AL Quran dan AL Hadist yang  disebut dengan hijab syar’i. Ciri- ciri baju syar’i ini akan diuraikan dibawah ini.

Maksud Dari Baju Syar’i Menurut Pandangan Islam

  • Menutup aurat

Pertama kali perintah  untuk hijab atau jilbab diturunkan adalah untuk menutupi aurat.

Meskipun batasan untuk menutup aurat itu sendiri belum disepakati oleh para ulama, tapi ada satu hal yang sama. Yang dimaksud dengan aurat adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan.

  • Berbahan yang tebal

Ciri ciri baju syar’i ini adalah kain yang  untuk pakaian berbahan yang tebal. Hal ini untuk mencegah menggambarkan lekuk tubuh muslimah yang menggoda dan menghindari pakaian yang menerawang atau tembus pandang. Biasanya  kain dengan bahan yang tipis, dan meskipun pakaian itu longgar akan melekat ditubuh dan mengambarkan bentuk lekuk tubuhnya.

  • Tidak menarik perhatian

Dengan memakai hijab wanita muslimah akan menjadi mudah untuk dikenali,dan itu bukan berarti bukan untuk menarik perhatian. Jilbab dipakai bukan untuk meningkatkan popularitas semata, tetapi untuk menutup aurat pada wanita .

  • Hijab tidak punuk onta

Jilbab  dipakai ketat dileher dan dikepala dengan ikatan rambut yang tinggi dikepala .Hal ini dilarang dalam ajaran islam. Hukum dari memakai hijab seperti punuk onta ini telah disebutkan dalam hadist dibawah ini.

“akan muncul diakhir umatku,wanita wanita yang berpakaian namun pada hakikatnya bertelanjang.Dia atas kepala mereka terdapat sesuatu penaka punuk unta. Mereka tidak akan memasuki surga . Padahal bau surga itu dapat dicium dari jarak sekian dan sekian”. (HR Muslim No 2128)

Baca juga: Baju Pesta Syar’i Banyak Modelnya

  • Longgar

Baju Hijab sya’ri yang longgar menjadi hukum dalam memakai hijab ini .Model pakaian yang longgar ini tidak akan membentuk lekuk tubuh muslimah dan supaya tidak menarik perhatian dari lawan jenis.

  • Tidak tabaruj

Arti kata dari tabaruj adalah berhias secara berlebihan dengan tujuan untuk menarik perhatian dari lawan jenis dan mempercatik diri. Hal ini bertentangan dengan tujuan awal untuk berhijab , yaitu melindungi diri muslimah dari tatapan laki laki pada tubuhnya yang bisa mencelakakan diri sendiri.

  • Sederhana

Hijab syar’i yang dipakai tidak perlu yang berwarna mencolok dengan hiasan yang mahal atau dengan bermacam macam motif dan bentuk dengan harga yang mahal yang menarik perhatian, Seharusnya hijab syar’i untuk mengambarkan pribadi muslimah yang sederhana karena perintah berhijab dilakukan untuk menjadikan wanita untuk bertambah keimanan dan ketakwaan kepada ALLAH SWT.

Demikian ulasan mengenai hijab syar’i dan baju syar’i. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *