Tips Memilih Baju Syar’i yang Benar dan Trendy

Tips Memilih Baju Syar’i yang Benar dan Trendy

Posted by

Dewasa ini kebutuhan akan busana muslim untuk para wanita muslimah semakin meningkat sesuai dengan peningkatan jumlah wanita yang mulai menggunakan hijab di kehidupan sehari-hari. Hijab yang digunakanpun menjadi semakin tertutup sesuai dengan apa yang diajarkan syariat Islam. Bukan sekedar kerudung yang menutupi rambut saja namun hijab yang menutupi aurat wanita bagian atas yang kini banyak dibutuhkan oleh para wanita muslimah. Kebutuhan akan hijab dan baju syar’i yang terus meningkat membuat banyak designer yang mengeluarkan model-model baru dalam fashion muslim. Akan tetapi model baru tersebut tak sedikit yang menyimpang sehingga justru tak lagi sesuai dengan apa yang diperintahkan.

Tips Memilih Baju Syar’i yang Benar dan Trendy

Bagi Anda para wanita muslimah, pastinya ingin menggunakan baju yang sesuai dengan syariat agama namun juga trendy untuk kepentingan trend fashion saat ini. Memilih busana modern adalah hal yang sah saja, asalkan syarat busana muslim tetap terpenuhi. Apa saja syarat dari busana muslimah untuk para wanita, berikut ini adalah beberapa yang sering dilupakan dengan sengaja oleh para designer baju muslim:

  • Busana panjang dan longgar.

Wanita muslim diharuskan menggunakan busana yang longgar sehingga tak memperlihatkan lekuk tubuhnya. Hal ini dipraktekkan dengan busana gamis panjang dengan bawahan rok lebar. Bagian tangan dan kaki juga longgar sehingga Anda tetap nyaman untuk beraktivitas.

  • Kerudung panjang.

Syarat baju syar’i inilah yang banyak disepelekan oleh para designer. Banyak designer yang membuat kerudung pendek atau mengajarkan cara penggunaan yang salah dengan cara dililitkan pada leher. Padahal dalam Islam, kerudung haruslah panjang hingga menutupi dada wanita. Syarat tersebut akan terpenuhi jika kerudung dijuntaikan natural tanpa harus melilitkannya ke bagian leher atau atas kepala.

  • Bahan tidak transparan.

Syarat berikutnya adalah penggunaan bahan yang tidak transparan sehingga bagian bawah baju tidak nampak. Bahan transparan sering juga digunakan untuk bahan kerudung dengan tujuan agar wanita tidak gerah. Namun sebaiknya tetap dihindari karena rambut wanita tetaplah aurat yang perlu ditutupi.

Dari berbagai syarat di atas, Anda tak perlu khawatir akan mendapatkan baju yang kuno dan itu-itu saja. Syarat di atas tak mengikat dalam segi warna sehingga Anda bisa memilih baju yang sesuai dengan syariat namun dengan warna-warna menarik. Sebagai contoh adalah baju muslimah yang dikenakan oleh ustadzah kondang Okky Setyana Dewi yang selalu menggunakan busana syar’i namun dengan model yang trendy dan modern.

Baca juga: Pemilihan Busana yang Tepat untuk Penggunaan Hijab Syar’i

Dari tips di atas, kini Anda bisa memilah mana baju syar’i yang benar-benar syar’i dan mana yang tidak memenuhi syarat busana muslimah yang benar. Tetap sesuaikan model dengan kepribadian dan selera Anda agar memiliki aura kecantikan yang terpancar dari dalam karena adanya rasa percaya diri pada saat menggunakan busana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *