Tips Memilih Baju Syar’i yang Sesuai Kaidah Agama

Tips Memilih Baju Syar’i yang Sesuai Kaidah Agama

Posted by

Wanita muslimah diwajibkan menggunakan busana tertutup untuk menutupi auratnya. Kata tertutup ini bukan hanya dalam artian tak menampakkan warna kulit saja namun juga memiliki aturan mengenai model dan cara menggunakannya. Busana muslim yang sekarang ini beredar di masyarakat pun belum tentu sesuai dengan kaidah agama karena hanya memenuhi syarat tertutup saja dan mengacuhkan persyaratan yang lainnya. Namun seiring dengan pemahaman yang terus diberikan oleh para ulama, kini wanita muslim sudah mulai mengerti dan berpindah ke baju syar’i yang lebih pas dengan peraturan.

Tips Memilih Baju Syar’i yang Sesuai Kaidah Agama

Busana tertutup saja belum tentu merupakan busana syar’i yang diwajibkan oleh agama. Jika Anda menggunakan kemeja lengan panjang, celana panjang ketat dan menggunakan kerudung maka paduan busana tersebut memang sudah tertutup namun masih tak sesuai dengan kaidah agama. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih busana agar dikatakan syar’i yaitu:

  • Tertutup.

Tertutup di sini adalah menutupi aurat tubuh wanita dari ujung rambut hingga ujung kaki, dengan mengecualikan telapak tangan serta wajah. Ada banyak paduan busana yang memungkinkan untuk memenuhi syarat ini namun Anda juga perlu memperhatikan syarat-syarat selanjutnya.

Baca juga: Tips Mudah Memilih Khimar yang Tepat Sesuai Syariat Islam

  • Longgar.

Longgar berarti tidak ketat atau tidak menampakkan lekuk tubuh wanita. Ada beberapa faktor yang perlu dipenuhi dalam syarat ini yaitu:

  • Menutup lekuk leher dengan menjuntaikan hijab ke bagian dada.
  • Lekuk dada dengan menggunakan hijab panjang hingga ke bawah dada.
  • Lekuk tubuh bagian atas dengan menggunakan atasan longgar.
  • Lekuk tubuh bagian bawah dengan menggunakan rok longgar dan panjang serta batas bawah atasan yang menutup setengah betis.
  • Tidak transparan.

Syarat ketiga dari baju syar’i adalah menggunakan bahan yang tidak transparan sehingga tidak memperlihatkan warna kulit atau warna rambut wanita. Jika pakaian yang digunakan ternyata memakai bahan yang transparan, Anda bisa menambahkan pakaian lain misalnya jaket atau kaos dalam untuk menutupinya.

Dengan memenuhi persyaratan di atas, baru bisa dikatakan sebuah pakaian adalah pakaian yang syar’i dan pantas dikenakan oleh wanita muslimah. Saat ini sudah banyak model dari pakaian syar’i ini yang juga bisa membuat wanita muslim tampil rapi, sopan dan tetap cantik meski menggunakan pakaian serba tertutup. Justru dengan baju syar’i yang elegan, Anda akan bisa tampil lebih sopan dan dihormati oleh siapa saja dibandingkan menggunakan pakaian yang terbuka dan kurang sopan. Pilihlah warna dan motif yang sesuai untuk kepribadian Anda sehingga kecantikan diri tetap terpancar dari dalam. Jika Anda membutuhkan contoh dalam memilih busana syar’i modern, Anda bisa berkaca pada artis-artis muda seperti ustadzah Oky Setiana Dewi, Dewi Sandra, Alysa Subandono dan banyak lagi para artis wanita yang telah berhijrah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *