Penggunaan Kacamata Minus yang Benar untuk Keperluan Sehari-hari

Penggunaan Kacamata Minus yang Benar untuk Keperluan Sehari-hari

Posted by

Mata merupakan indra yang paling penting untuk manusia bisa beraktivitas dengan normal. Meski begitu baik karena faktor genetik, usia maupun kebiasaan yang buruk, mata manusia bisa mengalami kelainan yang berakibat pada kurangnya kemampuan melihat dibandingkan mata normal lainnya. Banyak jenis kondisi mata yang mengalami penurunan penglihatan diantaranya adalah mata minus dengan ciri tak bisa melihat benda di jarak yang terlalu jauh. Semakin besar nilai minus pada mata maka semakin pendek jarak yang bisa dilihatnya dengan baik. Akan tetapi hal ini bisa dibantu dengan penggunaan kacamata minus yang sekarang ini juga sudah diproduksi dengan lebih modis dan trendi.

Penggunaan Kacamata Minus yang Benar untuk Keperluan Sehari-hari

Dengan bantuan kacamata, Anda yang memiliki mata minus akan bisa melihat benda dengan jarak yang sebelumnya tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Umumnya mata minus diderita oleh para remaja akibat kebiasaan yang buruk ketika melihat tayangan televisi, penggunaan laptop atau komputer hingga penggunaan gadget yang terlalu sering. Akan tetapi, meski dianggap sebagai pembantu kondisi mata, penggunaan kacamata juga banyak yang mengakibatkan mata menjadi semakin minus dibandingkan sebelumnya. Hal ini menyebabkan mitos yang beredar di masyarakat bahwa menggunakan kacamata setiap saat justru menjadikan mata minus semakin bertambah.

Mitos tersebut sebenarnya tidaklah benar meski banyak yang mengalaminya. Hal ini disebabkan cara penggunaan kacamata yang salah sehingga menyebabkan bertambahnya nilai minus pada mata. Adapun beberapa contoh penggunaan kacamata yang salah antara lain:

  • Menggunakan kacamata minus namun tetap membaca sambil tiduran.
  • Melihat gadget terlalu dekat dan terlalu lama sehingga mata kelelahan.
  • Menggunakan kacamata dengan nilai minus yang tidak sesuai.
  • Dan kebiasaan buruk lainnya ketika menggunakan kacamata.

Untuk bisa menghindari bertambahnya nilai minus pada mata setelah menggunakan kacamata, Anda perlu membiasakan diri melakukan kebiasaan baik pada penglihatan Anda. Caranya adalah dengan membaca sambil duduk dengan jarak baca yang tepat, membatasi penggunaan gadget serta mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata. Kondisi mata minus bisa menjadi semakin baik jika didukung dengan kebiasaan baik dan asupan nutrisi yang maksimal. Selain itu, gunakan kacamata senyaman Anda menggunakannya, misalnya jika nyaman menggunakan kacamata hanya saat membaca saja, maka tak mengapa dibandingkan Anda menggunakannya setiap waktu namun justru mata terasa lelah ataupun sebaliknya.

Baca juga: Tampil Lebih Cantik Menggunakan Kacamata

Untuk mendapatkan kacamata minus yang sesuai dengan kondisi mata Anda, periksalah mata ke dokter spesialis mata terlebih dahulu agar mendapatkan resep kacamata yang benar. Kemudian barulah pergi ke optik yang menjual kacamata untuk dibuatkan sesuai dengan resep yang dituliskan dokter. Meski menggunakan lensa yang telah ditentukan, namun Anda bisa memilih frame yang diinginkan sehingga bisa tetap tampil gaya sesuai dengan selera.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *