Kacamata Minus Apakah Harus Selalu Digunakan? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Kacamata Minus Apakah Harus Selalu Digunakan? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Posted by

Ada banyak keterbatasan kemampuan mata untuk melihat yang sering diderita masyarakat Indonesia. Salah satu yang paling banyak adalah mata minus yang sering diderita remaja, dewasa hingga manula. Mata minus adalah keadaan dimana mata kurang bisa melihat benda jauh dengan baik namun cukup baik untuk melihat benda yang berada di jarak dekat. Untuk mengatasinya, benda yang ingin dilihat tersebut harus di dekatkan di jangkauan mata penderita agar bisa dilihat dengan lebih jelas. Namun solusi tersebut tak selalu bisa dilakukan dengan mudah. Untuk membantu Anda yang memiliki kondisi mata minus, sebaiknya menggunakan kacamata minus sehingga lebih nyaman dan fleksibel.

Kacamata Minus Apakah Harus Selalu Digunakan? Simak Ulasan Lengkapnya Berikut Ini!

Kacamata untuk mata minus adalah kacamata yang menggunakan lensa negatif untuk memberikan efek lebih dekat pada benda yang dilihat meski pada kenyataannya lebih jauh dari bayangan tersebut. Dengan begitu, kemampuan mata yang telah berkurang bisa menyesuaikan dan hasilnya benda bisa dilihat dengan lebih jelas. Penggunaan kacamata ini juga perlu disesuaikan dengan derajat minus penderita. Untuk itu sebelum membeli kacamata, penderita akan diperiksa terlebih dahulu untuk mendapatkan derajat minus pada kedua bola mata. Ada kalanya derajat minus antara mata kanan dan kiri berbeda yang mengakibatkan penggunaan lensa kacamata yang berbeda pula.

Lalu setelah memiliki kacamata minus apakah harus selalu digunakan? Bagi penderita mata minus, penting untuk terus melatih mata agar tak malas untuk melihat benda yang jauh. Karenanya sebaiknya penggunaan kacamata negatif dilakukan dengan sering terutama ketika membaca dan berkegiatan lain yang memerlukan ketajaman penglihatan seperti berkendara. Sedangkan ketika akan beristirahat atau hanya untuk berjalan di rumah, kacamata bisa dilepas jika memang merasa kurang nyaman jika terus berkacamata. Tetapi jika derajat minus Anda sudah cukup besar dan bisa mengganggu saat digunakan berjalan, sebaiknya tetap menggunakan kacamata untuk keamanan.

Beredar rumor di masyarakat bahwa penggunaan kacamata negatif justru bisa menambah derajat minus seseorang. Hal tersebut tidaklah benar karena pada dasarnya yang bisa membuat mata mengalami keterbatasan adalah kebiasaan yang dilakukan. Setelah menggunakan kacamata, sebaiknya lakukan kebiasaan baik dengan mengatur jarak baca menjadi jarak yang normal dengan posisi yang sehat untuk membaca. Selain itu istirahatkan mata Anda sejenak setelah digunakan untuk membaca, melihat televisi serta melihat komputer dan sebagainya. Tambah asupan vitamin A untuk kesehatan bola mata.

Baca juga: Rekomendasi Kacamata Hitam untuk ke Pantai yang Keren

Kacamata minus diciptakan untuk membantu seseorang dengan kondisi mata minus untuk bisa melihat dengan lebih baik. Penggunaannya sendiri tidak akan mengakibatkan mata semakin parah asalkan melakukan kebiasaan baik dengan teratur. Namun dengan berkacamatapun kondisi mata tak akan semakin membaik karena kondisi kornea yang sudah kurang sempurna. cara untuk menyempurnakannya kembali adalah dengan melakukan operasi Lasik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *