Ketahui Uniknya Baju Adat Khas Pulau Bali

Ketahui Uniknya Baju Adat Khas Pulau Bali

Posted by

Pulau Bali yang terkenal sebagai pulau Dewata memang terkenal dengan pulau yang memiliki panorama yang sangat indah. Disini ada banyak sekali obyek wisata yang cukup terkenal mulai dari wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Di Bali juga kaya akan adat istiadatnya. Mulai dari makanannya, acara adatnya, tariannya serta baju adat-nya. Kali ini kami akan membahas pakaian adat Bali yang sangat anggun bila dikenakan oleh perempuan Bali dan terlihat gagah bila dikenakan pria Bali. Yuk kita simak!

Ketahui Uniknya Baju Adat Khas Pulau Bali

Ada banyak sekali variasi dan corak pakaian adat bali. Setiap daerah di Bali memiliki pakaian adat dengan ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini karakteristik yang ada pada pakaian adat Bali :

  • kain Kamen

Kain kamen merupakan pengganti celana yang dilengkapi dengan corakcorak sebagai perlengkapan pakaian adat Bali.  Cara penggunaan kain ini adalah dengan mengaitkan dan melingkari pinggan ke arah kiri dan kanan. Simbol ikatan ini sering disebut dharma.

  • Selendang

Selendang merupakan bagian dari pakaian bali yang digunakan oleh wanita. Nama lain selendang ini adalah senteng. Selendang ini dikenakan pada bagian bahu saja. Ternyata ada makna simbolik dari senteng ini, yaitu seorang wanita harus mendidik anak-anaknya agar kelak berbakti pada orang tuannya.

  • Tapih

Tapih sering digunakan pada acara peribadatan atau acara formal.  Dengan tapih, kita bisa melihat apakah wanita itu masih lajang atau sudah menikah.

  • Sapuh

Sapuh atau kampuh adalah kain yang mirip dengan kamen dari segi penggunaannya.  Caranya yaitu dengan mengikatkan ke pinggang dengan arah jarum jam. Ternyata ada makna dalam menggunakan sapuh ini.  Tujuannya adalah untuk menyembunyikan aurat atau lekuk tubuh pada acara peribadatan atau acara-acara formal seperti pernikahan.

  • Pakaian kebaya

Kebaya adat Bali  berbeda dengan kebaya daerah lain. Kebaya Bali biasanya simpel, lebih nyaman dan dengan motif yang cerah. Kebaya digunakan dalam acara peribadatan dan diharuskan dalam keadaan yang sopan, rapi serta bersih.

  • Sanggul

Sanggul Bali biasanya disempurnakan dengan pakaan khas Bali.  Tidak sembarangan wanita bisa menggunakan sanggul. Ada tiga jenis cara menggunakan sanggul, yaitu pusung tagel digunakan wanita yang sudah menikah, pusung ganjer digunakan wanita yang masih lajang, serta pusung kepu digunakan oleh wanita yang sudah janda.

  • Ikat kepala atau udeng

Ikat kepala atau udeng ini sering anda lihat dipakai oleh laki-laki di Bali. Atribut kepala ini sangat bermanfaat yaitu sebagai penutup kepala. Selain bisa digunakan beribadah, udeng juga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Daftar Baju Adat Khas Asli Sumatera

Nah itulah bagian dari baju adat Bali yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan anda ya. Sampai jumpa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *