Daftar Baju Adat Khas Asli Sumatera

Daftar Baju Adat Khas Asli Sumatera

Posted by

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan budaya dan adat istiadatnya. Salah satu pulau di Indonesia adalah pulau Sumatera. Ternyata di pulau  terdapat provinsi ini memiliki adat yang yang berbeda pula. Termasuk pakaian adat. Setiap wilayah model pakaian adatnya mewakili adat dan budaya di tempat mereka. Nah berikut kami sajikan baju adat yang terdapat di wilayah Sumatera :

Daftar Baju Adat Khas Asli Sumatera

  • Nangroe Aceh Darusalam- Ulee balang

Untuk wilayah Aceh, baju adatnya adalah Ulee Balang. Ulee balang, dalam bahasa melayu artinya hulubalang yang berarti keluarga atau ratu atau raja. Biasanya pakaian ini dikenakan oleh keluarga kerajaan pada jaman dahulu. Namun sebagai bentuk penghargaan pada budaya d masa modern ini, Baju Ulee Balang sering dijadikan baju adat perikahan. Pakaian ini terdiri dari busana bagian atas, tengah dan bawah. Untuk perempuannya juga diberi banyak hiasan, dibagian kepala maupun dada.

  • Sumatera Utara – Ulos

Ulos berarti kain. Sudah menjadi tradisi bagi orang Batak untuk memberikan ulos pada keluarga dan kerabatnya. Tradisi ini disebut sebagai Mangulosi. Aturannya, ulos diberikan kepada keluarga yang lebih muda atau berkedudukan lebih bawah dari mereka.  Pada acara pernikahan, ulos dikenakan dengan warna terang. Namun pada saat acara kematian ulos yang dipakai bewarna gelap. Tidak sembarangan orang memakai kain ini. Karena kain ini di tenun dengan cara tradisional dan beharga mahal. Kain ulos merupakan kain yang punya nilai sakral yang tinggi.

  • Sumatera Barat – Bundo Kanduang

Baju adat Sumatera Barat adalah Bundo kanduang.  Baju ini memiliki makna rasa hormat kepada wanita yang telah menikah.  Baju ini terdiri Dari tengkuluk tanduk, yaitu penutup kepala seperti tanduk.  Baju kurung biasanya bermotif emas, lalu sarung atau lambak yang menutupi bagian bawah tubuh, dan berbahan songket. Bagian terakhri baju ini adalah selempang yang disampirkan di bahu wanita.  Memakai baju ini biasanya diberi aksesoris pelengkap.

  • Kepulauan Riau-Teluk Belanga

Riau dikenal sebagai daerah dengan tradsi Melayu. Provisi ini kental dengan budaya Islam-nya.  Ciri khasnya baju adat nya pun panjang dan menutupi tubuh. Sesuai dengan syariat Islam yang harus menutupi aurat . Untuk acara pernikahan, pengantin pria memakai baju kurung teluk belanga. Sedangkan pengantin wanitanya memakai baju kurung kebaya.

  • Jambi- Melayu Jambi

Baju adat pria Jambi biasanya mengenakan baju kurung, berbahan beludru dengan sulaman bewarna emas. Bawahannya memakai celana panjang bahan beludru dan disebut cangge. Celana panjang ini ditutupi kain songket hingga lutut. Lalu disematkan ikat pinggang dan keris tradisional . Untuk pakaian wanitanya, memakai baju kurung berbahan beludru juga . Baju ini juga berhiaskan bunga melati,pucuk rebung kembang tagapo. Disematkan juga selempang songket berbahan sutera warna emas, agar penampilan bertambah manis.

Baca juga Info Fashion: Inilah Tren Fashion 2018 untuk Para Wanita Masa Kini

Nah itu dia 5 baju adat dari daerah Sumatera. Semoga informasi ni bermanfaat. Sampai jumpa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *