Tips Memilih Sandal Gunung Paling Awet

Tips Memilih Sandal Gunung Paling Awet

Posted by

Sandal outdoor atau sandal yang sering disebut sandal gunung merupakan salah satu item yang wajib dipakai saat pendakian. Selain sepatu gunung, sandal gunung juga wajib dipakai karena apabila anda sedang beraktifitas di sekitar tenda, sandal ini nyaman dan tidak ribet ketika dipakai untuk mondar-mandir. Lalu bagaimana tips cara memilih sandal gunung yang baik ? Mendingan kita simak tips berikut ini !

Tips Memilih Sandal Gunung Paling Awet

  • Pilih yang permukaan alasnya keras

Hal ini dikarenakan ketika kita naik gunung, biasanya membawa beban yang berat, jadi jika memakai sandal gunung yang permukaan alasnya keras, maka langkah kaki tidak akan terasa gontai. Berbeda jika menggunakan alas kaki dengan alas yang empuk, jika berjalan langkah kaki akan terasa gontai. Ada baiknya anda memilih alas dengan grip dengan bagian depan menghadap belakang, dan belakang menghadap ke depan. Gunanya untuk melakukan pengereman, ketika medannya turun. Sehingga anda tidka akan mudah terpeleset. Jika saat naik juga akan mencengkeram kuat.

  • Mau memilih model selop atau jepit

Jika anda memilih model selop,  anda bisa memilih kaos kaki apa saja, sela jempol kaki dan telunjuk akan tidak lecet. Namun kelemahannya jika menggunakan sandal jenis selop, punggung kaki akan terasa tertarik pada posisi tertentu.Namun jika anda memilih model jepit, anda juga bisa menggunakan kaos kaki dengan model jempol kaki yang terpisah. Hal ini agar anda nyaman ketika melintasi medan yang menurun.

  • Ukuran

Pilih sandal gunung yang sesuai dengan ukuran kaki anda. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Harus pas. Karena jika agak besar, akan berakibat anda mudah tersandung. Namun jika terlalu kecil, kaki anda akan mudah lecet, yang tentu saja sangat mengganggu kegiatan mendaki anda.

  • Warna

Ada baiknya anda memilih sandal dengan warna hitam. Karena warna ini tidak mudah terlihat kotor dan lebih kering cepat apabila dalam keadaan basah. Berbeda dengan warna lainnya yang mudah kotor. Namun, selera tetap di tangan anda.

  • Harga

Ada pepatah yang mengatakan, ada harga ada kualitas. Ya, hal itu juga berlaku ketika anda akan memilih sandal gunung. Sandal gunung yang harganya relatif lebih mahal, biasanya juga dibarengi dengan kualitas yang baik. Maka usahakan untuk memilih sandal yang berkualitas, karena saat mendaki anda tidak ingin kan sandal anda rusak di tengah pendakian?

Baca juga Pahami Kelebihan dan Kekurangan Memakai Sandal Gunung Sebelum Anda Gunakan untuk Mendaki

Nah itu dia 5 tips dalam memilih sandal gunung.  Namun yang perlu diingat, sepatu gunung lebih direkomendasikan dipakai saat aktivitas mendaki. Sandal gunung hanya dipakai ketika kondisi harus melepas sepatu, dan dipakai dalam waktu yang pendek, sedang di sekitar tenda misalnya. Semoga bermanfaat,  sampai jumpa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *