Penjelasan Burqa Lebih Jelas Bagi Para Muslim

Penjelasan Burqa Lebih Jelas Bagi Para Muslim

Posted by

Perempuan muslimah di dunia memiliki gaya berpakaian masing-masing dan beragam. Seorang muslimah memang diwajibkan untuk menutup aurat kecuali muka dan telapak tangan.Burqa sebagai salah pakaian muslimah memang belum cukup populer di Indonesia.

Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, juga mayoritas muslimahnya banyak yang memakai hijab. Sedangkan untuk negara timur tengah, muslimahnya biasanya memakai pakaian panjang dan ada pula menutup mukanya dengan cadar dan menyisakan 2 pasang mata. Lalu apa perbedaan niqab, burqa dan khimar. Mari kita simak ulasan berikut ini.

  • Niqab

Niqab dalam bahasa Indonesia adalah  cadar yang menutup wajah, namun menyisakan daerah sekitar mata.  Niqab dipakai oleh sebagian perempuan muslim sebagai kesatuan dengan jilbab. Niqab banyak dipakai oleh perempuan muslim di negara Arab sekitar teluk Persia, seperti Arab saudi, Yaman, Bahrain, Kuwait, Qatar, Oman dan Uni Emirat Arab. Beberapa muslimah Pakistan dan di Barat serta di Indonesia juga mulai banyak yang memakai niqab. Biasanya mereka memakai pakaian berniqab dengan didominasi oleh warna hitam.

 

  • Burqa

 

Adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh, dan dipakai oleh sebgian perempuan muslim di Afghanistan, Pakistan dan India Utara. Namun, pakaian ini sudah jarang dikenakan di luar Afghanistan. Cara memakai pakaian ini adalah dengan cara menutupi pakaian sehari-hari, dan dilepaskan ketika perempuan muslim kembali kerumahnya. Peraturan kaum Taliban mengharuskan perempuan memakai Burqa. Pakaian ini merupakan pakaian yang mengurung si pemakai dan hanya menyisakan lubang kecil yang sejajar dengan mata. Namun, pakaian ini sudah tidak diwajibkan oleh rezim afghanistan sekarang.

  • Khimar

Khimar adalah hijab atau jilbab yang cukup panjang dan menggantung sampai di atas pinggang. Kain jilbab ini menutupleher,  rambut dan bahu sepenuhnya, namun wajah tetap terlihat. Syarat khimar adalah bahannya yang tidak boleh tipis dan tak berbayang.

Selain niqab, burqa dan khimar ternyata ada juga dupatta, shayla dan hijab. Berikut definisi ketiganya :

  • Dupatta : dupatta adalah jilbab panjang yang melintang di area kepala dan bahu. Dupatta ini biasanya dipakai oleh perempuan muslim di Asia selatan. Dupatta ini sering dipasangkan dengan pakaian yang cocok atau senada.
  • Shayla : adalah syal panjang yang dililitkan di sekitar kepala dan disematkan atau diselipkan pada bahu. Shayla ini banyak dipakai dan populer di kawasan Teluk.
  • Hijab : Nah kalau yang satu ini anda pasti sudah tidak asing lagi kan. Berasal dari kata hajaban,  hijab merupakan penutup area rambut, leher, namun bukan wajah. Hijab ini banyak ditemui di kawasan asia seperti Indonesia dan Malaysia.

Baca juga: Cara Merawat Burqa yang Tepat Sehingga Kondisinya Tetap Bagus

Nah itulah perbedaan niqab, burqa dan khimar. Semoga artikel ini membantu dan menambah wawasan anda ya. Sampai jumpa !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *