Pahami Kelebihan dan Kekurangan Memakai Sandal Gunung Sebelum Anda Gunakan untuk Mendaki

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Memakai Sandal Gunung Sebelum Anda Gunakan untuk Mendaki

Posted by

Sandal merupakan salah satu item yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat setiap harinya sebagai alas kaki. Seiring perkembangan jaman ternyata sandal semakin mempunyai banyak sekali jenisnya, salah satu yang cukup populer adalah sandal gunung dengan berbagai desain. Penggunaannya yang simpel dan memudahkan masyarakat dalam pendakian memang sering menjadi alasan memilih sandal tersebut. Secara umum mendaki gunung itu bisa menggunakan sandal ataupun sepatu gunung yang lebih melindungi. Tetapi pemilihan dari keduanya tersebut kembali lagi kepada kenyamanan pada pengguna.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Memakai Sandal Gunung Sebelum Anda Gunakan untuk Mendaki

Tidak sedikit pendaki gunung lebih memilih menggunakan sandal dari pada harus menggunakan sepatu saat pendakian. Selain penggunaan yang cukup simpel, sandal yang digunakan untuk mendaki juga mempunyai harga yang lebih murah. Tetapi jika berbicara mengenai kenyamanan dan keamanan saat mendaki itu tidak hanya sekedar harga dan juga model saja. Pahami antara kekurangan dan juga kelebihan penggunaan keduanya terlebih dahulu sebelum Anda memilih. Berikut ini ada nilai lebih Anda menggunakan sandal saat melakukan pendakian yaitu:

  • Harga yang terjangkau.

Seperti yang telah dikatakan diatas jika memang harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dari pada jenis sepatu gunung yang banyak digunakan oleh para pendaki. Untuk sandal sendiri berkisar antara 150 sampai dengan 200 ribu sudah bisa didapatkan. Untuk sepatu tentunya lebih dari itu bahkan sampai dengan 500 ribuan.

  • Sangat praktis.

Seperti diatas penggunaan sandal memang dikatakan jauh lebih praktis dari pada sepatu. Hal ini berkaitan dengan cara pemasangan ataupun penggunaan kembali saat para pendaki menggunakan. Apalagi jika para pendaki ingin melakukan aktivitas diatas gunung pasti juga lebih nyaman menggunakan sandal gunung dari pada sepatu. Inilah yang termasuk dalam kelebihan yang dirasakan oleh pengguna sandal.

  • Bobot ringan.

Mendaki merupakan salah satu aktivitas yang cukup berat, bagi Anda yang belum pernah melakukan dan pengalaman lebih baik latihan fisik terlebih dahulu. Tetapi beban berat itu akan terbaru dengan penggunaan sandal yang tepat. Ya, untuk sepatu memang mempunyai bobot yang lebih berat dari pada sandal.

  • Multifungsi.

Terakhir adalah bahwa alas kaki yang digunakan untuk mendaki itu tidak hanya dapat digunakan pada saat kegiatan tersebut tetapi juga bisa kegiatan lainnya. Jadi lebih multifungsi jika Anda bandingkan dengan menggunakan sepatu.

Baca juga 7 Tipe Sepatu Sandal yang Patut Dibeli untuk Musim Panas

Disamping beberapa hal yang menjadi kelebihan diatas ternyata ada juga kekurangan yang akan Anda dapatkan saat menggunakan sepatu sebagai alas kaki ketika mendaki. Salah satu yang cukup menjadi pertimbangan untuk Anda adalah penggunaan sandal gunung dinilai kurang safety dari pada sepatu jika digunakan dalam medan tertentu. Bahkan banyak sekali hewan yang ada disekitar perjalanan bisa menyerang Anda dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *