Cara Merawat Burqa yang Tepat Sehingga Kondisinya Tetap Bagus

Cara Merawat Burqa yang Tepat Sehingga Kondisinya Tetap Bagus

Posted by

Baju memiliki fungsi untuk melindungi tubuh. Terdapat beberapa jenis baju dan salah satunya adalah burqa. Baju muslim tersebut memiliki ukuran yang longgar yang melindungi dan menutupi tubuh dari bagian atas hingga bagian bawah tubuh dan umumnya hingga ke mata kaki yang biasanya digunakan di Pakistan, Afganistan, India Utara. Baju tersebut bisa dipakai baik untuk busana sehari-hari yang kasual, semi formal hingga busana resmi yang cocok digunakan untuk datang ke pernikahan.

Cara Merawat Burqa yang Tepat Sehingga Kondisinya Tetap Bagus

Agar pakaian tersebut bisa awet dan tahan lama sehingga Anda tidak perlu untuk membeli lagi dan lagi dan bisa membuat Anda menghemat pengeluaran Anda, maka Anda harus mencuci dan menyimpannya dengan benar. Sebelum Anda mencuci baju muslim tersebut, pastikan jika Anda sudah mengecek label cara perawatan baju yang tepat. Biasanya, di baju terdapat label yang menunjukkan cara perawatan yang tepat seperti boleh tidak baju tersebut disetrika atau pencucian yang dilakukan dengan cara dry clean atau tidak boleh menggunakan mesin cuci.

Kemudian, sebelum mencuci, Anda harus memisahkan antara yang berwarna putih dengan yang berwarna misalnya warna hitam. Untuk jenis burqa yang terbuat dari kombinasi bahan batik, Anda harus memisahkannya selain karena warnanya bisa saja luntur dan mengenai pakaian Anda. Untuk pakaian kombinasi batik, gunakan jenis deterjen yang khusus atau dengan menggunakan shampoo.

Agar hasil pencucian hasilnya lebih maksimal maka Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut. Pertama, yang terbuat dari bahan jersey, caranya, yaitu:

  • Pisahkan baju dan rendam dengan deterjen dan jangan lebih dari 1.
  • Sebaiknya cuci dengan tangan karena seratnya lunak dan mudah rusak.
  • Peras jangan terlalu keras.
  • Saat menjemur, jangan lupa balikan baju sehingga bagian dalam ada di luar dan hindari untuk menjemurnya di bawah sinar matahari langsung agar warna tidak pudar.

Baca juga Inspirasi Selebriti yang Terlihat Cantik dan Elegan Menggunakan Khimar

Cara pencucian burqa yang tepat yang menggunakan bahan selain jersey sebelum disetrika dan disimpan, yaitu:

  1. Satin: Hindari mencuci dengan mesin cuci dan rendam sekitar 10-15 menit dengan deterjen dan pilih jenis deterjen yang ramah lingkungan atau minim bahan kimia sehingga tidak menyebabkan bahan satin rusak. Kucek lembut dan jemur dengan cara diangin-anginkan.
  2. Sifon: Perendaman dengan air hangat dengan suhu 30-40oC agar baju tidak menyusut dan hindari perendaman terlalu lama. Cuci seperti biasa dan jemur dengan cara diangin-anginkan.
  3. Katun: Dicuci seperti biasa dan penjemurannya harus segera dilakukan setelah selesai dicuci agar tidak merusak warna pakaian.
  4. Sutra: Cuci dengan tangan atau dengan mesin cuci dengan fitur delicate. Gunakan pelembut untuk menjaga kelembutan baju dan angin-anginkan saja saat dijemur. Anda juga bisa mencuci dengan cara dry clean.
  5. Spandek: Hindari untuk mengucek terlalu kuat dan jangan menjemur dengan cara digantung agar baju tidak melar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *