Cara-cara Mudah Merawat Sepatu Gunung Anda Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Cara-cara Mudah Merawat Sepatu Gunung Anda Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Posted by

Sepatu merupakan salah satu item yang sangat penting dengan fungsi sebagai pelindung kaki dari berbagai ancaman yang berbahaya. Ini akan menjadi sangat penting ketika Anda melakukan kegiatan naik gunung atau di alam. Secara otomatis Anda perlu membeli sepatu gunung yang tepat, bukan hanya dari atau harganya saja tetapi lebih kepada kualitas yang baik. Jika Anda memilih secara sembarangan tanpa adanya pertimbangan, kemungkinan kerusakan itu lebih cepat apalagi Anda akan menggunakannya dalam perjalanan di alam dengan berbagai medan.

Cara-cara Mudah Merawat Sepatu Gunung Anda Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Penggunaan sepatu tracking memang tidak bisa ditebak seperti apa medan yang akan dilalui, inilah yang menjadi salah satu penyebab masalah kerusakan lebih mudah. Tetapi hal itu bisa saja Anda minimalisir dengan beberapa cara perawatan yang tepat. Berikut ini ada tips merawat sepatu tracking Anda supaya lebih awet dan tahan lama yaitu:

  • Bahan pembersih yang aman.

Sebelumnya Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu bahan pembersih yang aman untuk digunakan. Anda bisa memilih detergent atau sabun yang tepat supaya tidak merusak bagian permukaan sepatu tersebut. Ada beberapa bahan tambahan seperti cuka ataupun yang lainnya jika sepatu Anda sudah mulai mengalami jamuran.

  • Cara membersihkan.

Jika sepatu yang Anda gunakan sudah selesai segera bersihkan dengan baik, terutama berbagai kotoran yang telah menempel pada sepatu Anda. Pisahkan antara tali sepatu dan insol, rendam beberapa waktu sebelum Anda menyikatnya. Jika memang sedikit susah noda yang menempel bisa Anda gunakan air hangat sebagai air perendam sepatu gunung tersebut.

  • Cara mengeringkan.

Setelah dirasa bersih saatnya Anda mengeringkan sepatu tersebut, usahakan jangan menggunakan sinar matahari secara langsung karena dapat merusak bagian sepatu secara permanen. Jika Anda ingin sepatu tersebut lebih awet keringkan menggunakan kain sejenis kanebo atau kertas lalu setelah itu posisikan pada tempat yang terkena air secara konsisten supaya cepat kering.

  • Cara menyimpan.

Lalu cara penyimpanan yang juga perlu Anda perhatikan dengan baik, jangan simpan sepatu pada tempat lembab atau berair. Jika ingin tetap dalam kondisi baik lebih baik pilih tempat yang sesuai dengan suhu ataupun pencahayaannya. Sebelumnya Anda juga perlu memberikan ganjalan pada sepatu supaya tidak terlalu banyak mendapatkan tekanan udara.

Baca juga Berbagai Pilihan Sepatu Gunung Wanita yang Direkomendasikan

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan secara mudah supaya sepatu kesayangan Anda tetap dalam kondisi yang baik dan tidak mudah rusak. Jika memang Anda merawat sepatu gunung sesuai dengan aturan yang baik bukan tidak mungkin masa pakai akan lebih lama. Yang perlu Anda garis bawahi adalah jangan membersihkan sepatu pada saat kotor atau setelah digunakan saja tetapi juga perlu mencuci saat tidak digunakan dalam waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *