tips cerdas merawat sepatu anak sekolah

Tips Cerdas Merawat Sepatu Anak Sekolah Dimusim Hujan

Posted by

Ketahui tips cerdas merawat sepatu anak sekolah agar tetap terawat pada musim hujan. Merawat sepatu anak yang digunakan untuk keperluan sekolah memang perlu diperhatikan dengan seksama. Menjaga sepatu pada anak ternyata jauh lebih sulit dibandingkan merawat sepatu yang dimiliki orang dewasa. Tidak jarang orangtua yang harus membeli sepatu baru untuk anaknya yang masih sekolah padahal baru beberapa bulan yang lalu membeli sepatu yang kini rusak. Kerusakan pada sepatu sekolah ini akan lebih besar ketika musim hujan tiba sehingga membutuhkan perawatan yang tepat.

Supaya lebih hemat dengan tidak terlalu sering membelikan sepatu sekolah, maka berikut kiat merawat sepatu tersebut dengan baik dan benar ketika musim hujan tiba:

1. Simpan di tempat kering.

Selalu disimpan di tempat yang kering. Saat musim penghujan dan kebetulan tidak memiliki sepatu serepan maka ada baiknya disimpan di tempat yang kering. Jika sepulang sekolah anak memberikan sepatunya yang sudah basah kuyup maka keringkan dahulu. Bisa diletakkan di bagian belakang atau samping kulkas setelah kering dimasukkan ke tempat yang juga kering supaya tidak lekas bau.

2. Membersihkan sepatu dengan cara yang benar.

Mencuci sepatu anak sekolah juga sebaiknya hati-hati supaya warna tidak mudah pudar sekaligus sepatunya tetap awet. Mencuci sepatu sekolah bisa memakai detergent namun usahakan takarannya sedikit saja jika berlebihan. Bisa membuat jahitan atau perekat pada sepatu mudah sekali terkelupas sehingga kurang aman dan nyaman dipakai si kecil. Tidak perlu menyikatnya cukup di gosok perlahan dengan tangan, jikalau ada noda membandel seperti lumpur yang mengering. Maka bisa mengeringkannya dahulu sebelum dicuci sehingga bisa bersih maksimal namun sepatu selalu awet.

3. Mengeringkan sepatu dengan cara aman.

Mengeringkan sepatu sekolah anak di kala musim penghujan memang menjadi tantangan tersendiri mengingat akan jarang ada matahari. Namun ternyata jika terbiasa menjemur sepatu sekolah anak-anak tepat di bawah matahari bisa membuatnya cepat rusak. Terutama warna pada sepatu yang mudah terlihat dekil sebab sinar matahari yang membakarnya. Cara aman menjemur sepatu sekolah anak adalah diangin-anginkan di tempat yang teduh. Saat musim penghujan sangat dianjurkan memiliki dua sepatu sekolah supaya saat dipakai benar-benar sudah kering. Jika tidak bisa mengeringkannya dengan ditaruh dekat kulkas yang cukup hangat dan bisa mengeringkan sepatu basah.

4. Bisa merawat warna sepatu dengan semir.

Memang untuk perawatan dengan semir sepatu khusus material sepatu yang terbuat dari kulit baik asli maupun sintetis. Beberapa sekolah mewajibkan anak didiknya mengenakan sepatu dari kulit untuk kesan formal. Jika kebetulan sepatu anak Anda terbuat dari material kulit maka rajin menyemirnya setiap pagi bisa menjaga kualitas bahan dan warna kulit tersebut. Minimal penyemiran ini bisa dilakukan sekali per dua hari, semakin sering semakin bagus supaya material kulitnya terjaga dengan baik. Semir yang digunakan pun bisa memilih yang cair atau yang padat memakai sikat disesuaikan dengan selera saja.

5. Dipakai saat kaki benar-benar kering.

Ajari anak untuk ikut merawat sepatu sekolahnya, salah satunya dengan mengeringkan kaki sebelum memakai kaos kakinya. Kaki yang basah akan membuat sepatu lembab dan diperparah dengan kaos kaki yang ikut lembab. Kelembaban mengundang jamur dan bakteri yang membuat sepatu mengeluarkan aroma yang sangat menyengat. Jika sudah begini maka akan membuat sepatu dan kaki si kecil bisa mengalami masalah kesehatan. Maka ajari sekaligus pastikan kaki anak sudah dikeringkan baru kemudian memakai sepatu anak khusus sekolahnya.

Ini juga berlaku bagi perawatan sepatu anak pria maupun sepatu anak perempuan branded. Jadi, jangan lupa hal diatas yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *