4 Manfaat Memakai Sepatu Gunung Saat Mendaki

4 Manfaat Memakai Sepatu Gunung Saat Mendaki

Posted by

Setiap kali akan mendaki gunung jangan sampai terlupa untuk memakai sepatu gunung yang sudah didesain mendukung kegiatan tersebut. Mendaki gunung atau hiking bukanlah aktifitas yang biasa melainkan terbilang cukup ekstrim karena membelah hutan di sekitar lereng gunung untuk mencapai ke puncak. Beberapa pegunungan di bumi pertiwi bahkan dikenal memiliki medan yang sulit dan terjal, oleh sebab itu jangan memakai sepatu biasa. Bahkan memakai sepatu olahraga sekalipun karena memang kurang ideal untuk perjalanan di medan terjal.

Manfaat Memakai Sepatu Hiking

4 Manfaat Memakai Sepatu Gunung Saat Mendaki

Ketika memakai sepatu khusus mendaki gunung maka Anda akan merasakan banyak manfaat, tidak percaya? Coba ingat-ingat kembali karena manfaat berikut dijamin akan dirasakan:

  • Tidak mudah slip ataupun terjebak lumpur,

Ketika mendaki gunung usahakan memakai sepatu yang benar-benar sesuai karena sepatu ini didesain melintasi medan alam. Anda tidak akan mudah terpeleset ketika jalanan licin karena berlumur ataupun karena terdapat sisa air hujan. Selain itu membuat kaki ringan dan mudah melangkah sekalipun melintasi jalanan berlumpur, sebab sepatu ini dirancang tidak mudah terjebak oleh kubangan lumpur.

  • Melindungi kaki dari resiko cedera,

Selama menjelajahi alami untuk sampai ke puncak gunung dijamin Anda akan bertemu dengan banyak bebatuan, ranting pohon, dan sebagainya. Tidak menutup kemungkinan jika ada batu yang terjatuh dan menimpa kaki Anda, bagaimana jadinya jika hanya memakai sepatu biasa? Tentu kaki akan mengalami cedera dan untuk mendapatkan pertolongan lebih kompleks dijamin susahnya luar biasa. Oleh sebab itu wajib sekali memakai sepatu gunung yang dilindungi oleh besi sehingga melindungi kaki dari resiko cedera karena sebab apapun.

  • Membuat kaki terlindung dari gangguan binatang,

Saat berada di dalam area hutan tentu muncul kekhawatiran akan bertemu dengan binatang buas. Namun paling mengerikan dan paling sering adalah terserang oleh lintah karena mayoritas pegunungan di Indonesia yang boleh di daki sudah bebas hewan buas. Lintah ini tentu mengkhawatirkan karena tanpa Anda sadari menempel pada kaki kemudian menghisap banyak darah. Maka penting untuk melindungi kaki dengan sepatu yang materialnya keras dan kokoh, kalau bukan sepatu hiking lantas mau sepatu jenis apa lagi?

Baca Juga Tips Memilih Sepatu Lari yang Aman dan Tepat

  • Kaki terlindung dari cuaca ekstrim,

Kondisi cuaca di dalam medan pendakian kerap kali sangat dingin, karena sepanas apapun cuacanya dijamin tetap lembab. Lantaran saking rindangnya pepohonan yang menaungi area pendakian tersebut. Udara akan semakin dingin manakala hujan turun padahal perjalanan tidak mungkin ditunda ketika hari sudah mulai gelap. Maka Anda butuh sepatu yang menjaga kaki tetap hangat agar leluasa melanjutkan perjalanan, supaya bisa sampai ke puncak sesuai perkiraan. Itulah mengapa atribut seperti sepatu gunung baiknya tidak dilupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *