Mengenal Pakaian Muslimah Berkaitan dengan Jilbab atau Hijab Berdasarkan Negara

Mengenal Pakaian Muslimah Berkaitan dengan Jilbab atau Hijab Berdasarkan Negara

Posted by

Kebanyakan orang mengenal jilbab sama seperti hijab yang dikenakan oleh wanita muslimah pada umumnya. Namun, ada sisi menarik apabila kita lihat lebih jauh perbedaan bentuk dan penggunaan hijab di Negara lain. Umumnya hijab digunakan untuk menutupin rambut dibagian kepala dengan untaian kain dari bahan yang bermacam-macam. Adapun beberapa Negara yang menggunakan hijab untuk menutupin seluruh tubuhnya yang biasa dikenal long dress. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa jilbab atau hijab berdasarkan Negaranya?

Mengenal Pakaian Muslimah Berkaitan dengan Jilbab atau Hijab Berdasarkan Negara

  1. Abaya, Abaya sangat terkenal di seluruh negeri mayoritas islam termasuk Indonesia. Pakaian ini terkenal dengan bentuk longgar atau jubah panjang menutupi seluruh tubuh dan memiliki warna dominan hitam. Namun, beberapa Negara telah merubah kesan warna hitam menjadi lebih colourful dengan bermacam  warna. Abaya sendiri lebih banyak dikenakan oleh wanita Arab Saudi hingga Afrika.
  2. Burqa, terkadang burqa sering disalahartikan sama seperti niqab. Burqa adalah jenis penutup kepala yang menutupi area wajah termasuk mata. Namun, dibagian mata ditutup oleh kawat kasa untuk melihat saat beraktivitas. Burqa memiliki bentuk model dari kepala hingga kaki. Belum terlalu bayak orang yang berminat untuk mengenakan burqa kecuali dibeberapa Negara tertentu seperti Afghanistan. Di Afghanistan tepatnya di daerah Kabul, wanita disana sering mengenakan burqa berwana biru.
  3. Chador, bentunya seperti jubah yang menutupi bagian kepala hingga seluruh tubuh tapi tidak pada bagian wajah. Di bagian wajah lebih menggunakan ciput atau mini jilbab instan. Chador banyak digunakan oleh wanita asal iran ketika berpergian keluar rumah.
  4. Hijab , merupakan pakaian muslimah yang sering dikenakan di Indonesia maupun Negara bagian barat. Hijab memiliki arti penampilan seorang wanita secara keseluruhan mulai dari jilbab hingga busana tertutup. Setiap Negara memiliki gaya hijab yang bervariasi dan kini semakin berkembang dbarengi dengan fashion muslim yang telah tersebar di seluruh dunia.
  5. Jilbab, jilbab merupakan penutup aurat yang digunakan pada rambut bagian kepala wanita. Di Indonesia terdapat berbagai macam model jilbab ditawarkan oleh beberapa brand fashion untuk memperlihatkan kesan elegan dan modern. Berbeda dengan hijab yang merupakan tampilan secara keseluruhan anggota badan sedangkan jilbab sendiri memiliki sifat sebagai penutup kepala saja. Di Negara afrika utara serta arab, jilbab lebih dikenal long dress.
  6. Niqab, nizab merupakan penutup pakaian muslimah yang dilengkapi dengan cadar. Selain itu, nizab digunakan untuk menutupi bagian kepala hingga dada, sedangkan cadar digunakan untuk menutupi bagian wajah kecuali mata. Panjang nizab sendiri tidak hanya menutupi bagian dada melainkan mecapai daerah bokong. Di arab niqab dipadukan dengan abaya dalam menutupi auratnya.

Baca juga Jilbab Fashion Gaya Wanita Muslim di Eropa

Sekilas mengenai beberapa pakaian muslimah berkaitan dengan hijab atau jilbab dibeberapa Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *