Mengenal Lebih Jauh Teknik Dasar Pembuatan Kaos Sablon

Mengenal Lebih Jauh Teknik Dasar Pembuatan Kaos Sablon

Posted by

Kebutuhan akan style sangat diminati oleh semua kalangan untuk terlihat menarik dihadap orang lain maupun lawan jenis.  Jarang orang berpikir untuk membuka peluang bisnis dari berkembangnya style ini. Banyak sekali bisinis yang dapat dibuka diantaranya bisnis kaos sablon. Bisinis ini menjanjikan keuntungan yang menggiurkan yang dapat dijadikan peluang dalam membuka usaha dan lowongan pekerjaan bagi orang lain. Jika anda berminat ingin mencoba usaha ini, berikut teknik dasar pembuatan kaos sablon yang bisa anda terapkan :

Mengenal Lebih Jauh Teknik Dasar Pembuatan Kaos Sablon

  1. Penyetingan Gambar, untuk awalan dalam pembuatan, anda harus mempersiapkan gambar atau pola sablon yang akan anda aplikasikan dalam kaos. Proses ini biasa menggunakan program photoshop dan coreldraw.
  2. Tahap Pra-afdruk (sebelum pefilman), proses ini adalah pesiapan dan pembersihan screen dengan beberapa alat yang digunakan seperti sabun colek, air, dan kain spon. Setelah semua alat telah siap, langsung masuk ke proses pembersihan:
  • Pertama , bersihka terlebih dahulu screen dengan air dan sabun. Kemudian kita usap dengan menggunakan kain spon.
  • Kedua, setelah kita cuci langsung kita keringkan dengan menjemurnya di sinar matahari langsung. Hal ini perlu untuk memastikan screen benar-benar bersih dan kering.

Tahap Afduk (pefilman), tahap ini dilakukan untuk pemberian obat, pembakaran screen, dan pencucian kembali screen. Dalam tahap pemberian obat diperlukan beberapa alat, seperti screen, obat afduk, kipas angin, dan alat perata screen. Proses pemberian obat dilakukan dengan beberapa tahap, diantaranya :

  • Kita siapkan obat afduk dengan mencampurkan cairan merah dan cairan puith dengan takaran sesuai dengan ketentuan dalam kotak obatnya.
  • Setelah tercampur, tuangkan sedikit demi sedikit dalam screen dan coba ratakan setipis-tipisnya. Kemudian keringkan menggunakan kipas angin tanpa terkena sinar matahari langsung,di sarankan dalam ruang tertutup.
  • Setelah kering, lanjut ketahan pembakaran screen.

Tahap pembakaran screen memerlukan beberapa alat-alat seperti kaca, gambar yang telah di edit, screen, kain hitam,  busa screen, dan papan. Berikut tahap pembakaran screen :

  • Ambil papan, kemudian taruh busa diatas papan dan kain hitam diatas busa tersebut. Lalu kita siapkan screen untuk menaruhnya diatas kain hitam. Setelah itu, kita ambil gambar dan tempel diatas screen yang telah diolesin terlebih dahulu dengan minyak garong. Pengolesan ini dilakukan agar gambar dapat tembus sinar.

Tahap Penyablonan, tahapan ini kita memerlukan beberapa alat bantu seperti screen yang telah di difilm, minya cat, meja berkaca, pengunci screen, rakel (alat pengesut) dan kertas atau kain. Proses penyablonan memiliki beberapa tahap diantaranya:

  • Ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca sambil mempersiapkan cat yang dicampurkan dengan minyak cat. Berikutnya taruh kertas atau kain yang akan disblon diatas meja berkaca, tuangkan cat kepada media screen secukupnya kemudia kesut menngunakan rakel.

Penghapusan, tahapan ini dilakukan ketika kita membutuhkan obat pencuci film. Tahapannya sebagai berikut:

  • Basahi screen dengan air terus tuangkan obat pencuci screen dan gosok menggunakan kain spon. Setelah di gosok, selanjutnya keringkan di sinar matahari langsung.

Baca juga Rekomendasi Atasan Baju Kaos yang Keren dan Trendy untuk Anda

 Demikianlah ulasan  mengenali teknik dasa pembuatan kaos sablon. Semoga bisa dijadikan peluang usaha dan bermanfaat bagi semuanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *