Cara Membedakan Sepatu All Star Asli dengan Tiruan

Posted by

Membeli produk original bisa dikatakan susah-susah gampang. Banyak barang tiruan serupa yang terkadang membuat terkecoh baik dari tampilan maupun packaging. Barang tiruan untuk sepatu all star misalnya juga banyak beredar di pasaran. Jenis sepatu yang merupakan produk unggulan dari Converse ini memang banyak diminati terutama di kalangan anak sekolah. Sepatu yang identik dengan warna hitam putih ini memang terbilang mahal untuk produk originalnya. Tetapi jika melihat dari keawetan nya tentu tidak sedikit yang lebih memilih untuk membeli yang original.

Namun terkadang untuk membedakan antar produk yang original dengan yang tiruan tidak semua orang tahu caranya. Lau bagaimana cara agar kita tidak tertipu saat membeli sepatu jenis ini?. Berikut ini ada cara untuk membedakannya, diantaranya yaitu:

  • Teliti dahulu harga jualnya.

Untuk sepatu all star (classic) harga untuk yang asli kisaran 400-500 ribu dari yang low-top hingga high-top. Varian yang unlimited seperti Missoni, Andy Warhol berkisar di angka 750-800 ribuan. Sedangkan untuk yang seri John Varvatos bisa mencapai harga 1 juta lebih per pasang. Jadi, bila ada yang menawarkan harga yang rendah dari harga yang seharusnya wajib berhati-hati. Kemungkinan barang yang dijual adalah barang tiruan.

Baca juga: Simak Alasan Mengapa Sepatu All Star Tetap Menjadi Pilihan Sepanjang Masa

  • Cek kardus.

Untuk produk yang original tentu saja tampilan kardus masih bagus, rapi dan ada kertas kemasan sepatu di dalamnya. Perhatikan juga label pada kardus serta gambar produk yang tertera pada sisi kardus. Untuk banderol memang agak susah untuk dibedakan, tetapi jika diperiksa secara seksama akan terlihat perbedaan mulai dari segi warna, tulisan, maupun bahan kertasnya.

  • Cek sepatu dengan detail.

Untuk mengecek antara yang original dengan yang tiruan bisa menggunakan pedoman berikut:

  • Sepatu original saat dipegang/ dijatuhkan lebih terasa berat daripada yang tiruan. Hal ini dikarenakan bahannya yang mantap dan kualitasnya yang terjamin.
  • Pada bagian ujung sepatu, untuk yang original lebih licin saat diusap. Sedangkan untuk yang tiruan lebih kasar.
  • Garis pada bagian karet tidak mudah luntur untuk yang original
  • Label tulisan All Star penulisannya sangat rapid an berwarna biru tua untuk yang original.
  • Dari segi jahitan, untuk yang original lebih rapid an tidak melebar kemana-mana.
  • Kode produksi untuk sepatu keluaran Converse ini di Indonesia ada 4, yaitu 6X untuk pabrikan Tangerang, 6Y untuk pabrikan Sukabumi, 6K untuk pabrikan Bogor, dan 6C untuk pabrikan Purwakarta. Untuk yang diproduksi di luar negeri ada kode 9C, 9D, 9H dan 9Z yang dari Vietnam. Untuk yang dari Tiongkok ada 7B, 7K, 7L dan 7D.

Berbagai cara yang telah dipaparkan tadi semoga sedikit banyak bisa menjadi acuan bagi kalian yang menginginkan membeli sepatu all star original dan menghindari tertipu dengan barang tiruan yang serupa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *