Tips Merawat Sepatu Bola Agar Tetap Bagus dan Terawat

Posted by

Olahraga sepak bola memang sangat digemari hampir di seluruh lapisan masyarakat. Olahraga yang mengandalkan kemampuan dari mulai menggiring, menendang bola dari satu pemain ke pemain lain ini menjadi bagian dari hobi sebagian besar orang terutama kaum laki-laki. Tak sedikit yang rela mengeluarkan banyak uang untuk hobi yang satu ini. Dari mulai membeli kaos pemain sepak bola, mendaftar di fans club sepak bola hingga membeli piranti bermain, seperti sepatu bola diantaranya.

Memang mudah untuk mendapatkan sepatu jenis ini. Cukup datangi took perlengkapan olahraga dan beli salah satu atau beberapa yang sesuai dengan selera. Maka kita bisa mulai melakukan hobi sepak bola bersama teman-teman. Akan tetapi mudah dalam membeli sepatu belum tentu mudah juga dalam perawatannya. Tak sedikit yang terkadang salah dalam perawatan dan berimbas pada cepat rusaknya sepatu.

Lalu bagaimana cara merawat sepatu bola agar awet badan tahan lama?. Berikut ini ada beberapa tips perawatannya, diantaranya yaitu:

  • Membersihkan sepatu dengan lembut.

Sepatu jenis ini tentu lebih cepat kotor daripada sepatu jenis lain terutama setelah digunakan untuk bermain. Jika sepatu terkena lumpur atau tanah cukup hilangkan terlebih dahulu lumpur atau tanah menggunakan sikat gigi berbulu lembut. Jangan menggosok terlalu kasar. Jika perlu gunakan sikat khusus untuk membersihkan. Saat menyikat usahakan dengan gerakan searah.

  • Menggunakan sabun bayi.

Hindari menggunakan deterjen untuk mencuci sepatu. Untuk yang lebih aman cukup gunakan sabun bayi yang berbahan lembut. Hindari merendam sepatu dalam air, hal ini akan membuat sepatu tidak awet. Cukup bersihkan bagian luarnya.

  • Hindari menjemur di bawah terik matahari.

Cukup angin-anginkan sepatu yang selesai dicuci saat proses pengeringannya. Menjemur di bawah terik matahari langsung memang bisa membuat sepatu kering dengan cepat, namun paparan sinar matahari juga bisa mempercepat kerusakan.

  • Memakai kaos kaki.

Kaos kaki dapat menyerap keringat dari kaki sehingga tidak langsung mengenai bagian dalam sepatu secara langsung. Tanpa penggunaan kaos kaki keringat berlebih pada kaki dapat menyebabkan sepatu berbau bahkan memunculkan jamur.

  • Menyimpan di tempat yang sejuk.

Simpan sepatu yang cukup dengan cahaya matahari yang masuk. Hal ini untuk menghindari kelembapan dalam sepatu. Letakkan sepatu di rak-rak khusus sepatu.

Meskipun sepatu bola bisa dibeli dengan harga yang terjangkau, tetapi akan sangat disayangkan sekali jika cepat rusak dan harus mengeluarkan uang lagi untuk membelinya. Lebih baik menghemat uangmu untuk keperluan yang lain bukan?. Semoga beberapa tips-tips untuk perawatan sepatu yang sudah dipaparkan tadi bisa bermanfaat selain untuk pengetahuan juga bisa diterapkan, khususnya bagi yang hobi sepak bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *