Agar Sepatu Futsal Anda Tahan Lama, Terapkan Beberapa Hal Ini!

Posted by

Futsal memang menjadi salah satu olahraga yang paling diminati oleh pria di Indonesia. Permainan ini hampir serupa dengan sepak bola, namun ada beberapa peraturan yang berbeda serta ukuran lapangan yang digunakan lebih kecil, dimana masyarakat menyukainya karena di kota besar seperti Jakarta memiliki ruang yang tidak begitu besar. Untuk memainkannya, Anda hanya memerlukan sepatu futsal sebagai perlengkapannya. Sepatu ini sangat penting untuk Anda karena benda itulah yang akan menentukan apakah Anda bisa bermain dengan nyaman dan aman atau tidak. Kebanyakan para pria memang dikenal tidak bisa merawat barang mereka, termasuk juga sepatu ini. Berikut adalah beberapa cara agar sepatu Anda dapat tahan lama dan Anda pun akan nyaman dan aman ketika memakainya saat bermain:

  • Jangan Sering Dicuci

Mencuci suatu barang yang kotor memang adalah perbuatan yang benar, namun beda halnya dengan sepatu ini. Jika terlalu sering dicuci, maka sepatu ini pun akan rusak, terutama pada bagian solnya yang direkatkan dengan lem kuat, namun saat terkena air lama kelamaan benda ini akan rusak. Jika mencucinya sesekali tidak apa-apa, namun cucilah dengan tangan kosong, jangan menggunakan mesin cuci atau sikat. Jika sepatu Anda tidak terlalu kotor, lebih baik mengelapnya dengan tangan, kain atau tisu supaya tidak menjadi kebiasaan untuk di cuci.

  • Jemur di Tempat Adem

Setelah dicuci sampai bersih dengan menggunakan air jemurlah sepatu futsal tersebut. Namun perhatikan juga saat menjemur, jangan sampai sepatu itu terkenal sinar matahari langsung. Hal ini dapat mengakibatkan sepatu menjadi gampang rusak dan tidak tahan lama. Jemurlah ditempat yang adem atau yang tidak terkena sinar matahari langsung. Selain sehabis dicuci, jemurlah sepatu ini setelah dipakai sehingga tidak ada bau dan juga jamur yang menempel pada sepatu Anda.

  • Gunakan Kamper

Sering kali sepatu yang sudah lama tidak dicuci namun kerap dipakai selama seminggu sekali atau selebihnya memang menimbulkan bau yang tidak sedap, apa lagi ditambah dipakai untuk berolahraga dan menimbulkan banyak keringat pada kaki. Hal tersebut pastilah akan membuat sepatu Anda jadi mempunyai bau yang tidak sedap. Untuk menghilangkannya, selain dicuci, Anda bisa menggunakan kamper atau silica gel yang dimasukkan kedalam sepatu saat Anda tidak memakainya. Maka hal ini akan menghilangkan bau tidak sedap tersebut.

  • Jangan Menyumpal Sepatu

Sering kali agar terlihat baru dan juga rapi, Anda menyumpal sepatu futsal tersebut menggunakan kain, kaos kaki, kertas dan bahan penyumpal lainnya. Hal ini sangat tidak disarankan, karena tidak akan memberikan keuntungan apa pun pada Anda, melainkan akan menyebabkan bentuk dari sepatu tersebut berubah. Lebih baik sepatu dibiarkan begitu saja tanpa disumpal apa pun agar bentuknya tetap bagus dan baik, serta memberikan Anda kenyamanan ketika dipakai bermain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *