Kiat Mudah Merawat Baju Kemeja Batik Supaya Tidak Cepat Rusak

Posted by

Batik merupakan salah satu baju budaya dari Indonesia yang wajib dilestarikan dengan berbagai cara, salah satunya membuatnya sebagai pakaian. Dahulu batik hanya digunakan untuk kain dalam acara tertentu saja, tetapi sekarang ini banyak sekali jenis baju kemeja batik dengan berbagai model baik untuk pria ataupun wanita. Ciri khas dari coraknya membuat batik banyak digemari beberapa masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri. Makanya batik telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia negara Indonesia.

Batik sendiri memang berbeda dengan jenis kain lainnya, maka tidak heran jika cara melakukan perawatannya juga berbeda. Banyak masyarakat yang mengeluhkan corak batik yang mudah hilang saat dicuci, hal itu tentu saja akibat dari teknik pencucian yang tidak tepat. Nah, berikut ini akan dibagi mengenai cara melakukan perawatan pakaian batik yang tepat yaitu:

Baca juga: Tips Memilih Baju Kemeja yang Cocok untuk Anda dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

  1. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik yaitu warna batik yang tetap bagus, motif yang tidak luntur atau lain sebagainya Anda bisa menggunakan beberapa bahan untuk mencuci. Misalnya menggunakan lerek yang merupakan sabun khusus untuk mencuci segala bentuk kain atau pakaian batik.
  2. Dan cara yang kedua yaitu Anda bisa memisahkan terlebih dahulu pakaian batik dengan jenis baju lainnya saat akan mencuci. Hal ini tentunya dilakukan supaya baju kemeja batik Anda tidak terkena lunturan warna dari baju lainnya maupun dari batik itu sendiri. Jadi akan lebih baiknya memisahkan terlebih dahulu atau mencucinya sendiri.
  3. Untuk merendam baju batik Anda juga jangan terlalu lama, hal ini menghindari warna dari batik yang bisa saja luntur akibat jangka waktu merendam yang lama. Selain itu juga dapat menghindarkan munculnya bau-bau aneh yang timbul akibat rendaman yang sangat lama dari baju Anda.
  4. Karena perkembangan jaman banyak masyarakat yang memilih menggunakan mesin cuci yang lebih praktis, tetapi untuk kemeja batik yang Anda miliki akan lebih baiknya jika dicuci secara manual, selain dapat membuat lebih awet juga motif tetap terjaga baik.
  5. Walaupun Anda sudah mengerjakan secara manual tetapi tetap menggunakan sikat atau mengucek yang terlalu keras juga tidak disarankan. Hal itu tentunya akan membuat pakaian Anda tidak bertahan lama. Anda bisa fokus mencuci pada bagian-bagian yang terdapat noda kotor saja, kucek secara ringan.

Dan dari itu semua yang paling penting adalah cara penjemuran yang tidak boleh dilupakan, jangan pernah menjemur pakaian atau apapun yang berbahan batik dibawah matahari langsung. Karena jika itu dilakukan tentu saja warna motif atau corak batik pada baju kemeja Anda akan mudah sekali luntur atau kusam. Begitu juga saat menyetrika tidak boleh langsung pada motif, harus melakukannya dari dalam supaya warna lebih awet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *