Kiat Merawat Sepatu Mahal Jenis High Heels Agar Tetap Awet

Posted by

Bagi wanita, sepatu memiliki tempat tersendiri untuk menjaga penampilan tetap keren dan menarik. Salah satu jenis sepatu yang dianggap bisa memberikan kesan yang seksi adalah sepatu berhak tinggi. Sepatu yang harga per buahnya bisa mencapai jutaan bahkan ratusan juta rupiah ini, butuh perawatan agar tetap terlihat bagus. Agar awet, Anda harus bisa menyimpan sepatu mahal Anda tersebut dengan benar di tempat yang sesuai atau tempat yang tepat.

Pertama adalah dengan membersihkannya setelah Anda menggunakannya atau untuk sepatu yang sudah lama tidak dipergunakan. Bersihkan dengan menggunakan lap agar debu dan kotoran tidak menempel di sepatu yang menyebabkan susah untuk dibersihkan dan muncul jamur. Kedua adalah menjaga kelembaban sepatu apalagi sepatu kulit yang jika terlalu kering bisa mudah mengelupas dan jika terlalu lembab bisa menyebabkan jamur.

Baca juga: Tips dalam Memilih Sepatu Mahal Sneakers yang Kekinian di Tahun 2017

Kedua adalah merawat sepatu mahal sesuai dengan bahan yang digunakan. Ada 3 jenis bahan yang biasanya dipergunakan untuk membuat high heels yaitu suede, kulit baik sintetis atau asli dan satin. Untuk membersihkan dan merawat sepatu high heels dari suede, caranya adalah:

  • Merendam sepatu suede ke dalam air hangat namun jangan terlalu lama dan cara ini hanya dilakukan jika sepatu Anda sudah benar-benar kotor atau banyak noda yang susah dibersihkan atau dihilangkan.
  • Menyikatnya satu arah dengan menggunakan sikat bulu lembut untuk membersihkan kotoran dan debu.
  • Mengeringkan sepatu suede Anda jika sepatu Anda tersebut basah dan hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan suede menjadi kasar.
  • Gunakan penghapus pensil untuk noda yang membandel.

Jika sepatu hak tinggi Anda menggunakan bahan kulit baik asli atau sintetis, cara merawatnya adalah:

  • Membersihkan dengan lap atau kain spons yang dibasahi dengan air hangat.
  • Gunakan baking soda untuk menghilangkan noda sepatu yang membandel.
  • Gunakan lap kering dan halus misalnya dengan menggunakan kanebo untuk mengeringkan sepatu kulit Anda.
  • Keringkan dengan cara diangin-anginkan dan hindari sinar matahari langsung agar sepatu tidak mudah retak.
  • Gunakan pelembab atau semir sepatu untuk menjaga warna sepatu tetap cantik. Jika tidak ada semir atau pelembab sepatu, Anda bisa mempergunakan conditioner shampoo yang biasanya Anda gunakan.

Jika bahannya satin, cara merawat sepatu mahal high heels Anda yaitu:

  • Bersihkan noda dan kotoran dengan kain lap dan air hangat dengan menempelkan ke sepatu satin Anda. Hindari menggosok terlalu kencang karena noda bisa menyebar.
  • Gunakan sedikit deterjen atau sabun untuk membersihkan noda yang membandel.
  • Keringkan sepatu high heels Anda tersebut dengan cara diangin-anginkan dan setelah kering simpan di tempat yang benar misalnya di lemari sepatu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *