Simak Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menentukan Harga Sepatu Handmade

Posted by

Sepatu merupakan benda yang berfungsi untuk melindungi kaki agar kaki terhindar dari terluka seperti tersandung batu. Banyak jenis sepatu dengan harga sepatu yang ada di toko atau di tempat jual sepatu beragam. Ada yang puluhan ribu bahkan ada yang hingga jutaan ataupun puluhan dan ratusan juta rupiah. Biasanya, sepatu handmade lebih mahal dibandingkan sepatu yang dibuat dari mesin karena proses pembuatannya yang lama dan ketrampilan serta ketelitian yang digunakan lebih tinggi.

Untuk menentukan harga dari sepatu handmade, ditentukan dari pertimbangan berikut. Pertama adalah perhitungkan biaya bahan produk yang digunakan. Biasanya bahan yang dipergunakan untuk membuat sepatu adalah bahan kulit, kanvas dan suede. Selain bahan utama tersebut, pertimbangkan mengenai biaya benang dan biaya lainnya yang dipergunakan untuk membuat produk tersebut. Semakin banyak bahan yang Anda beli untuk membuat sepatu, maka harga jual produk bisa semakin lebih murah.

Baca juga: Harga Sepatu Wanita Masa Kini Keluaran Terbaru yang Bisa Jadi Pilihan

Kedua adalah memperhitungkan biaya operasional. Biaya ini mempengaruhi biaya peralatan, transportasi, sewa tempat untuk membuat sepatu tersebut, biaya untuk menyewa toko ataupun biaya pengelolaan toko online. Hitung berapa banyak produk yang akan dibuat untuk waktu tertentu sehingga Anda bisa menghitung biaya operasional. Untuk mengecilkan biaya operasional yang mempengaruhi harga sepatu, Anda bisa meningkatkan jumlah produk sekaligus.

Ketiga adalah menghitung waktu dan tenaga yang diperlukan. Ketika membuat sepatu handmade, waktu yang akan dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan sepatu yang dibuat dengan menggunakan mesin. Semakin banyak waktu dan tenaga maka harganya juga akan semakin lebih mahal. Perhitungkan pembuatan per buahnya dan tenaga yang dipergunakan lalu seberapa banyak gaji yang akan Anda berikan untuk pekerja Anda.

Pertimbangan lainnya yang akan mempengaruhi harga sepatu handmade Anda yaitu:

  • Harga jual yang Anda tentukan untuk mencapai target penjualan. Harga ini bisa Anda tentukan seusai dengan keinginan Anda namun sebelum menentukan, jangan lupa pertimbangkan target Anda misalnya dalam waktu 1 tahun, apakah Anda ingin mencapai target penjualan dengan laba sekian atau untuk tujuan lain misalnya membangun reputasi usaha Anda terlebih dahulu. Untuk penjualan awal, hindari mematok harga yang terlalu tinggi untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Seiring dengan perkembangan waktunya, Anda bisa menaikkan laba sedikit demi sedikit namun masih dalam harga yang wajar.
  • Faktor eksternal. Selain faktor internal diatas, ada faktor eksternal yang mempengaruhi harga misalnya:
  • Harga yang ditawarkan oleh saingan Anda. Apakah harga yang akan Anda patok tersebut terlalu murah atau terlalu mahal atau masih dalam jangkauan harga yang wajar.
  • Target pasar Anda. Siapa yang akan menjadi target pasar Anda dan pertimbangkan apakah pembeli Anda bisa membeli sepatu handmade sesuai dengan harga yang akan dipatokkan atau tidak.
  • Minat pembeli. Semakin tinggi minat dan pesanan maka harga juga akan semakin tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *