Cara Mempercantik Baju Kaos Lama Menjadi Pakaian yang Unik

Posted by

Ada berbagai jenis baju yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan namun ada baju yang setiap orang memilikinya karena nyaman untuk dipergunakan apalagi jika terbuat dari bahan yang dingin, mudah menyerap keringat, yaitu baju kaos. Kaos bisa dipergunakan hingga beberapa hari dan untuk hangout atau sekedar dipakai saat tidur. Namun, kaos yang kerap digunakan, warnanya akan pudar dan menjadi tidak menarik lagi. Untuk merubah kaos tersebut, Anda bisa menggunakan cara berikut ini.

Pertama adalah dengan teknik dip dye. Teknik ini bisa membantu mempercantik kaos polos yang Anda miliki apalagi jika warnanya sudah kusam seperti warna putih. Anda butuh pewarna tekstil dengan warna yang Anda inginkan, kaos polos, sarung tangan karet atau plastik, garam secukupnya, air hangat dan ember kecil untuk wadah. Sebelum Anda mempercantik baju tersebut, pastikan jika Anda sudah menggunakan sarung tangan sehingga pewarna tekstil tersebut tidak mengenai tangan Anda.

Cara untuk mempercantik baju kaos Anda dengan teknik dip dye adalah:

  • Siapkan ember dan larutkan ¼ botol bubuk pewarna tekstil ke 4 gelas air hangat.
  • Tambahkan 4 sdm garam agar warna bisa lebih awet. Beri air hingga warnanya sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Sebelum direndam, kaos polos yang akan Anda gunakan harus dibasahi dahulu lalu keringkan hingga air habis.
  • Rendam bagian bawah kaos ke larutan pewarna selama 45 detik. Angkat dan celup celupkan selama beberapa kali sebanyak 3-4 kali untuk gradasi warna.

Setelah itu, Anda bisa memeras bagian kaos yang dicelupkan ke pewarna tersebut lalu bilas dengan mempergunakan air dingin. Gantung selama 15 menit hingga kaos tersebut mengering. Untuk memberikan kesan efek yang berkilauan di bagian bawah baju, Anda bisa menambahkan bubuk pewarna atau misalnya bubuk glow in the dark sehingga bisa bersinar di dalam kegelapan. Lalu keringkan lagi hingga benar-benar kering sebelum dibilas dan dijemur lagi agar warnanya terserap baik.

Kedua adalah membuat kaos belang. Untuk membuat baju kaos belang, caranya:

Bahan:

  • Botol semprot berisi cairan pemutih.
  • tabung/toples.
  • Benang/tali.
  • Kaos polos warna.

Caranya:

  1. Selimutkan kaos ke toples/tabung dan ikatkan dengan menggunakan benang. Anda bisa menentukan besar atau lebar kerutan baju sesuai dengan yang Anda inginkan.
  2. Semprotkan cairan pemutih ke baju tersebut secara merata. Jika sudah basah, diamkan sekitar 10-15 menit.
  3. Lepaskan tali dan angkat kaos tersebut.
  4. Bersihkan dengan menggunakan air bersih sehingga pemutih hilang.
  5. Rendam menggunakan air bersih.
  6. Cuci seperti biasa dan jemur hingga kering. Nantinya baju Anda akan belang-belang di bagian yang terkena cairan pemutih yang Anda semprotkan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *