Keuntungan yang Didapatkan dari Membeli Sepatu Lokal

Posted by

Sekarang ini negara Indonesia memang lagi aktif-aktifnya melakukan kegiatan kampanye kepada masyarakat untuk dapat mencintai produk buatan lokal. Dari mulai sepatu lokal, baju lokal, tas lokal, jam tangan lokal atau produk lainnya. Karena tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggantungkan gaya fashionnya pada brand-brand terkenal luar negeri. Bahkan mereka seakan-akan enggan untuk menggunakan produk yang dibuat oleh negeri sendiri. Kalau hal tersebut dibiarkan tentunya akan berimbas besar terhadap tingkat pertumbuhan ekonomi bangsa. Padahal dengan membeli barang luar negeri itu selain semakin membuat Anda boros keuangan juga semakin membuat negara lain mempunyai keuntungan besar.

Mungkin ada yang belum paham seberapa besar dampak yang ditimbulkan dengan pembelian produk-produk import tersebut. Lebih baik gunakan uang untuk membeli barang lokal, selain dapat menumbuhkan produk lokal juga negara mempunyai keuntungan yang besar. Berikut ini beberapa keuntungan dari pihak negara jika masyarakatnya beralih untuk memilih produk lokal, antara lain:

  • Meningkatkan pendapatan negara.

Salah satu hal yang membuat ekonomi negara berkembang yaitu dari cadangan devisa yang dimiliki. Dan salah satu kegiatan yang bisa menghasilkan atau meningkatkan devisa suatu negara yaitu dari melakukan ekspor barang keluar negeri. Sederhananya begini seorang produsen akan menjual barangnya keluar negeri lalu akan mendapatkan keuntungan berupa dollar, dan secara tidak langsung hal tersebut akan membuat devisa negara meningkat.

  • Meningkatkan lapangan kerja.

Ini contoh kecilnya begini jika ada salah satu perusahaan industri sepatu lokal menawarkan produk didalam negeri. Jika penjualan sepatu tersebut selalu meningkat tentunya jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan juga semakin banyak. Secara otomatis akan terbantu dalam penurunan tingkat pengangguran dalam suatu negara.

  • Kesejahteraan masyarakat.

Dari lapangan kerja yang semakin banyak tentu akan meningkatkan kesejahteraan orang yang melakukan pekerjaan tersebut. Atau bisa dikatakan angka kemiskinan suatu negara menurun akibat industri-industri lokal.

  • Meningkatkan kualitas produk.

Karena permintaan yang semakin banyak tentunya pihak industri juga selalu ingin meningkatkan kualitasnya. Seperti pada umumnya suatu produsen jika penjualan naik akan terus meningkatkan pelayanan dan juga kualitas yang diberikan.

Seperti yang dikatakan diatas masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan dari pembelian produk lokal. Seharusnya dari pihak masyarakat juga selalu mendukung produk lokal supaya terus dapat maju dan bersaing dengan produk internasional. Tidak sedikit barang lokal yang jika dikenakan akan menambah kesan menarik dan tetap fashionable. Misalnya saja dari beberapa produk yang sudah mempunyai nama bagus yaitu sepatu lokal, kualitas barang yang tidak kalah jika disaingkan dengan produk internasional membuat merk-merk tersebut semakin maju. Harga yang mereka tawarkan juga masih tergolong terjangkau mulai dari ratusan ribu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *