Pengaruh Positif dan Negatif dari Perkembangan Fashion Indonesia

Posted by

Fashion merupakan salah satu gaya berpakaian seseorang yang tentunya dapat menjadi salah satu ciri khas orang tersebut. Tetapi untuk sekarang ini gaya-gaya fashion Indonesia khususnya anak muda banyak sekali yang malah mengikuti trend-trend berpakaian orang luar negeri. Mulai dari baju, celana, dress, rok sampai dengan aksesoris penunjang lainnya pun meng kiblat dari negara barat. Tetapi memang tidak bisa dipungkiri gaya penampilan orang luar dapat menjadi salah satu referensi atau pandangan orang Indonesia untuk berpenampilan. Baik fashion dari dalam maupun luar negeri sangat mempengaruhi gaya penampilan, terutama kalangan anak muda.

Dari adanya perkembangan dunia fashion tentu ada sisi positif maupun sisi negatif yang dapat ditimbulkan. Berikut ini dampak yang muncul dari adanya perputaran fashion, antara lain:

Dampak positif.

  • Dapat menjadikan para kalangan anak muda lebih tampil stylish dan mempunyai ide kreatif untuk menciptakan suatu gaya fashion baru. Hal itu terbukti banyak sekali desainer muda berbakat dari Indonesia yang sudah masuk dalam kancah internasional. Dari mulai gaya fashion para pria sampai dengan wanita umum maupun berhijab.
  • Lebih dapat membuat anak muda berfikir jauh kedepan mengenai fashion yang akan digunakan, jadi kesannya tidak monoton dengan gaya penampilan yang itu-itu saja.
  • Semakin membuat anak muda lebih dapat menghargai produk-produk dalam negeri dengan memperkenalkan fashion Indonesia yang bisa diangkat melalui berbagai budaya yang dimiliki ke mancanegara.
  • Memahami bahwa fashion itu bukan berarti harus mahal dan selalu bermerk dari luar negeri.

Dampak negatif.

  • Menjadikan fashion barat seakan-akan kiblat fashion dunia, terkadang malahan sering anak Indonesia lebih menghargai produk luar.
  • Kurang dapat menerapkan fashion barat jika dikenakan dalam penampilan orang-orang Indonesia khususnya remaja. Karena sebagai orang timur masih menjunjung tinggi kesopanan berpakaian jadi kurang pas.
  • Terkadang lebih mempercayai bahwa penampilan orang-orang dan apapun produk dari barat lebih akan menarik jika digunakan di Indonesia.
  • Kurang menyukai produk fashion yang dibuat dalam negeri dengan banyaknya unsur budaya yang diangkat.
  • Menghambur-hamburkan uang demi mendapatkan penampilan yang keren dengan menggunakan produk luar negeri.

Banyak sekali kelebihan dan juga kekurangan adanya perkembangan fashion dunia, tetapi di Indonesia sekarang ini sudah dapat dilihat banyak sekali desainer yang menciptakan berbagai macam pakaian dengan model dan bentuk yang menarik. Bahkan mereka bisa membawanya keluar negeri dan memperkenalkan kepada dunia bahwa yang ada pada fashion di Indonesia bisa menarik dan menjadi trend fashion dunia. Bukan hanya satu atau dua budaya yang bisa diangkat dalam dunia fashion, karena keanekaragaman budaya itulah yang sebenarnya membuat fashion Indonesia lebih apik. Mulai dari beragam pakaian adat, berbagai model dan jenis batik, dan bentuk lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *