Membuat Jam Tangan Unik Sendiri

Posted by

Tidak dapat dipungkiri bahwa jam tangan adalah bagian dari mode. Banyak pria dan wanita yang tampil lebih stylish dan elegant dengan jam tangan yang melingkar di lengannya. Biasanya beberapa orang akan memadu-padankan pakaian yang dipakai dengan jam tangan yang digunakan. Misal jam tangan berbahan stainless stell untuk dipakai dengan kemeja resmi cocok untuk orang yang bekerja di kantor. Sedangkan jam tangan yang sporty dipakai ketika pergi ke gym. Maka dari itu jam tangan sudah boleh dikatakan sebagai bagian dari mode. Bahkan beberapa pekerja seni terkenal mengeluarkan jam tangan versinya sendiri seperti Giorgio Armani dengan jam tangan Emporio Armani-nya. Maka dari itu, semakin banyaknya model jam tangan unik yang semakin banyak beredar di pasaran. Tetapi, pernahkan anda berpikir untuk membuat jam tangan unik anda sendiri?

Saat ini sudah banyak tutorial untuk membuat jam tangan sendiri. Berikut adalah salah satu cara membuat jam tangan unik dengan tangan anda sendiri. Bahan yang dibutuhkanpun tergolong bahan-bahan yang bisa anda temui di lingkungan sekitar anda.

Peralatannya yang dibutuhkan berupa tang jepit dan gunting. Bahan yang disiapkan antara lain : tali pipih lebar 0.8 cm, kawat emas bakar ukuran 1mm, rantai emas bakar besar, klep jepit 1.5 cm
ring emas bakar, kait udang emas bakar, kepala jam vintage warna emas bakar.

Cara membuatnya :

Langkah 1 : potong dua lembar tali, maisng2 tali panjangnya 20 cm. sisipkan kedua tali ini pada gagang pinggir kepala jam vintage, lalu tekuk jadi dua sama panjang.

langkah 2 : diantara lipatan tali, sisipkan kawat alumunium ukuran 1mm, lalu lilitkan hati-hati mengelilingi permukaan tali, lilitan ini bertujuan untuk menjaga posisi tali tidak berubah/berpindah tempat. Potong sisa kawat dan sembunyikan di bagian tengah tali agar tidak melukai kulit saat dikenakan.

Langkah 3 : ratakan ujung tali sama panjang dengan menggunakan gunting, lalu klep ujung2nya dengan menggunakan klep tali emas bakar lebar 1.5cm. Ggunakan bantuan tang jepit untuk menghasilkan tampilan yang rapi. Lakukan langkah yang sama (1-3) pada sisi bagian lain dari kepala jam.

Langkah 4 : Pasang rantai emas bakar dengan menggunakan ring, panjang rantai bisa disesuaikan dengan selera kita, bila ingin kesan yang meriah kita bisa mengukur panjang rantai 2 lilit tangan kita… atau untuk memberikan kesan yang lebih simple dan sederhana, cukup satu lilit saja. Pada rantai ini bisa kita tambahkan hiasan charm aneka rupa, untuk memperkuat kesan unik dari jam tangan handmade karya kita.

langkah 5 : pasang kait udang pada sisi jam yang lainnya, dengan bantuan ring. Jam tangan gelang handmade buatan kita pun sudah siap digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *