Trend Fashion Indonesia Dan Sejarah Perkembangannya

Posted by

Trend fashion Indonesia saat ini menjadi hal yang menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat. Misalnya busana sebagai bagian dari item fashion tidak lagi sekedar kain yang digunakan untuk menutupi dan melindungi tubuh, namun lebih dari itu busana menjadi bagian dari gaya hidup.

Pengertian Trend Fashion

Fashion dapat didefinisikan sebagai mode pakaian atau aksesoris yang popular pada waktu tertentu di suatu tempat tertentu. Fashion di gunakan juga sebagai sinonim dari keindahan, glamor, gaya atau style yang akan mengalami perubahan dari satu masa/ periode ke periode berikutnya. Fashion sekarang menjadi sebuah industri di dunia internasional yang memberikan keuntungan, seperti: memunculan banyak rumah mode dunia, majalah fashion, acara fashion dsb.

Trand fashion biasanya dikarenakan perancang busana membuat kreasi pakaian. Istilah dari bisnis fashion digunakan untuk industri yang berhubungan dengan kegaitan produksi pakaian hasil dari para desainer. Artinya, para perancang busana memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangandunia fashion Indonesia.

Awal Mula Perkembangan Fashion Di Indonesia

Awalnya trend fashion di Indonesia dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia. Trand busana Asia zaman sekarang yang trand adalah gaya Korea. Perkembangan fashion di Indonesia berkembang degan baik sejak munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie tepatnya pada tahun 1960.

Dalam perkembangannya trand fashion di Indonesia cenderung meniru gaya Eropa dan Korea. Dulu orang tua lebih nyaman menggunakan busana tradisional seperti kebaya, sedangkan anak-anak mudanya lebih cenderung meniru gaya berbusana orang Eropa.Sejak saat itulah busana tradisional mengalami perkembangan yang harmonis.

Kemudian Pada tahun2070 muncul penata busana seperti: Iwan Tirta, Prajudi, Harry Dharsono, Poppy Dharsono dan Ramli yang memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan fashion, tidak hanya di Indonesia namun hingga ke dunia internasional. Pada perode ini perkembangan fashion mengalami kemajuan yang luar biasa cukup signifikan. Hal ini ditandai dengan munculnya majalah wanita “Femina” pada tahun 1972. Femina banyak memberikan perhatian pada dunia fashion pada masa itu.

Perkembangan Fashion Modern

Pada tahun 1990-an mulai muncul isu globalisasi dan pasar bebas. Pada waktu itu sudah muncul teknologi internet walaupun belum seramai sekarang. Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut mempermudah para perancang busana mengakses perkembangan fashion yang membantu menciptakan variasi fashion terutama mengadopsi gaya barat yang mewah dan glamor.

Kemudian pada tahun 2000-an, banyak nama-nama perancang busana baru yang menambah daftar desainer berbakat dengan karakternya yang unik dan khas. Kreasi busana tradisional dengan sentuhan modern membuat busana tradisional kembali popular dan disukai oleh kalangan anak-anak muda.

Demikian pembahasan singkat mengenai perkembangan trend fashion Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan menjadi inspirasi untuk terus berkreasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *