Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Trand Fashion Indonesia

Posted by

Membahas perkembangan trand fashion Indonesia tidak lepas dari nama-nama desainer (perancang busana) dan peristima yang terjadi pada masa dimana perkembangan fashion tersebut terjadi. Yang dimaksud dengan trend fashion adalah model busana atau item fashion lainnya seperti aksesoris, tas, sepatu dsb yang popular selama kurun waktu tertentu.

Istilah fashion itu sendiri merujuk kepada arti sinonim yang merujuk pada keindahan, glamour atua gaya yang mengalami perubahan dari masa ke masa. Trand fashion bisa menjadi semacam refleksi status sosial, ekonomu yang menjelaskan mengenai popularitas. Sekarang dengan semakin berkembangnya dunia fashion dan semakin banyaknya masyarakat yang memperhatikan dan tertarik dengan fashion membuat fashion menjadi industri yang menguntungkan, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya rumah-rumah mode, majalah, media online yang membahas tentang fashion.

Hal tersebut tidak lepas dari kontribusi para desainer yang menghasilkan karya busana yang modern sesuai dengan zamannya. Sedangkan istilah bisnis fashion digunakan untuk bisnis yang berhubungan dengan pakaian modis atau sebagai suatu industri kreatif yang mencuptkan atau memproduksi produk fashion.

Perkembangan Awal Fashion Di Indonesia

Awal perkembangannya, dunia fashion Indonesia dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia. Contohnya beberapa tahun terakhir perkembangan fashion dipengaruhi oleh Trand busana Korea, terutama sejak munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie. Awalnya trand fashion dipengaruhi oleh perkembangan fashion yang terjadi di Eropa (gaya barat), baik dari segi bahan dan desainnya.

Faktor Yang Mempengaruhi Trand Fashion Di Indonesia

Perkembangan fashion dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: media massa, dunia bisnis, dunia entertainment dan internet. Lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini:

  • Media Massa, tidak dipungkiri dampak media massa terhadap fenomena di masyarakat termasuk dunia fashion sangat berpengaruh. Melalui media massa, baik cetak, elektronik dan online trand fashion diinformasikan dan disosialisasikan.
  • Dunia entertainment, merupakan salah satu faktor yang memberikan andil cukup besar menyebarluaskan trand fashion. Para selebritis selalu menggunakan busana mengikuti trand yang kemudian diikuti oleh para idola/ masyarakat.
  • Dunia Bisnis, merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi juga perkembangan trand fashion di Indonesia. Apalagi mengingat sekarang semakin banyak orang yang terjun ke bisnis fashion. Hal ini karena menjalankan bisnis ini membuka peluang mendapatkan keuntungan.
  • Internet, merupakan faktor terakhir yang mempengaruhi perkembangn fashion. Dengan adanya internet segala informasi mengenai trand terbaru fashion dapat menyebar dengan cepat dan luas.

Sekarang sudah banyak media yang memberikan ragam informasi mengenai dunia fashion Indonesia. Bahkan semakin hari dunia fashion semakin mengalami perkembangan yang meningkat dan ini menjadi salah satu hal yang disambut hangat oleh masyarakat.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *