Perkembangan Trand Fashion Dunia Dan Di Indonesia

Posted by

Saat ini perkembangan trand fashion dunia semakin ramai di sajikan di berbagai media informasi seputar fashion. Termasuk perkembangan yang terjadi di Indonesia, hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya beragam desain pakaian dari para desainer yang memiliki ide dan tangan terampil.

Perkembangan fashion didukung oleh berbagai sisi, seperti para desainer yang potensial, tingkat perekonomian negara yang membaik, sector ritel yang mengalami perkembangan pesat.

Baca juga: TRAND FASHION TERBARU CELANA MODIS MASA KINI

Pengertian Fashion

Fashion dapat diartikan mode pakaian atau aksesoris yang trand atau popular selama waktu tertentu di satu tempat tertentu. Arti fashion sering menjadi sinonim atau persamaan untuk keindahan, gaya atau glamor yang kerap mengalami perubahan dari satu periode ke periode berikutnya, dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Fungsinya bisa sebagai refleksi dari status ekonomi dan sosial. Selain itu bisa juga menjadi penjelasan terhadap popularitas dari banyaknya gaya sepanjang sejarah busana. Sekarang industri fashion menjadi salah satu industri yang paling menguntungkan di dunia, hal ini bisa dilihat dengan semakin banyak bermunculan rumah-rumah mode, majalah fashion, semakin banyak orang yang antusias terhadap fashion itu sendiri dsb.

Perkembangan atau trand fashion dunia sbeagian besar didorong oleh para desainer atau perancang busana yang menghasilkan item fashion. Dalam hal ini istilah bisnis fashion dapat diartikan dengan bisnis yang berhubungan dengan pakaian sebagai sebuah industri kreatif yang diproduksi dan diciptakan oleh para perancang busana.

Tidak ada yang menyangkal bahwa dengan banyaknya karya para desainer membawa perubahan dan kontribusi besar dalam industri bisnis fashion dan garmen.

Perkembangan Fashion DI Indonesia

Tidak kalah dengan negara-negara lain, di Indonesia perkembangan fashion juga mengalami peningkatan. Trand fashion di Indonesia masih dipengaruhi oleh budaya Eropa dan Asia, salah satunya adalah trand busana Korea yang sempat boom. Pada tahun 1960, dengan munculnya Non Kawilarang dan Peter Sie perkembangan mode Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa.

Awalnya perkembangan fashion di Indonesia dipengaruhi oleh budaya Eropa. Cenderung meniru baik dari segi desain maupun bahannya. Lalu pada tahun 1970 muncul desainer Iwan Tirta, Poppy Dharsono, Prajudi, Harry Dharsono dan Ramli yang memberikan sinyal dalam dunia fashion di Indonesia kepada dunia internasional melalui kreasinya di berbagai peragaan busana di dalam maupun di luar negeri.

Pada tahun 1972 terbit majalah “Femina” yang memberikan informasi dan memberikan perhatian serius terhadap dunia model dengan menghadirkan berita seputar fashion. Sesudahnya masih banyak catatan sejarah fashion yang menarik untuk Anda ketahui.

Trand Fashion dunia selalu mengalami perkembangan sesuai zamannya, namun tidka mudah diprediksi. Setiap tahun dan generasi memiliki ciri khasnya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *