Tips Memilih Sepatu untuk Bayi

Posted by

Memiliki seorang bayi merupakan anugerah yang patut disyukuri oleh orang tua. Menyaksikan perkembangan bayi secara bertahap, menikmati kelucuan-kelucuan dan kebisaan baru yang dilakukan oleh si bayi, merupakan sebuah kebahagiaan yang tidak jarang menimbulkan gelak tawa dalam keluarga. Salah satu kegenitan orang tua ketika membesarkan bayinya adalah keinginan untuk memakaikan pakaian-pakaian yang lucu untuk si bayi, termasuk juga memakaikan sepatu baru. Sayangnya, banyak orang tua yang tidak bijak dalam memilihkan sepatu untuk bayinya, mereka hanya mempertimbangkan modelnya yang unik dan lucu, dan cenderung abai mempertimbangkan faktor-faktor lainnya. Padahal, kenyamanan bayilah yang harus diutamakan ketika memilihkan sepatu. Berikut ini adalah tips memilih sepatu yang aman dan nyaman untuk bayi.

Bahan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan orang tua ketika akan membelikan atau memilih sepatu untuk bayinya adalah bahan. Bahan akan mempengaruhi kenyamanan bayi ketika memakai sepatu tersebut. Pilihlah sepatu dengan bahan lembut, terutama bagian dalamnya, agar kaki bayi tidak mudah lecet ketika menggunakan sepatu itu. Jangan lupa untuk melapisi kaki bayi dengan kaus kaki agar tidak lembab dan lebih nyaman.

Berat

Tips memilih sepatu bayi selanjutnya adalah memperhatikan beratnya. Seringkali, orang tua memilihkan sepatu hanya berdasarkan modelnya, dan mengabaikan beratnya. Bayi memang belum bisa berjalan sendiri. Namun sepatu yang terlalu berat akan mempengaruhi pertumbuhan kaki bayi, sebab biasanya bayi yang digendong dan dipakaikan sepatu, kakinya akan cenderung terasa berat dan ngelendot ke bawah. Jika terlalu berat, sepatu bahkan dapat mempengaruhi bentuk kaki bayi.

Ukuran

Sebaiknya, pilihlah sepatu bayi yang ukurannya pas atau sedikit longgar, jangan memilihkan sepatu bayi yang sangat ketat atau kekecilan, sebab akan mencengkram kakinya dan menmghambat pertumbuhan kaki bayi. Pilihkan sepatu yang sedikit longgar, namun juga tidak terlalu kebesaran, sebagai ruang untuk kaus kaki bayi dan sebagai tempat sirkulasi udara agar kaki bayi tidak lembab.

Model

Pertimbangkan juga model sepatu yang diberikan pada bayi, jangan memakaikan sepatu bayi dengan model yang menonjol dan difasilitasi dengan aksesoris yang mudah lepas, misalnya bola-bola kecil atau benda lain yang mudah lepas dan dapat ditelan oleh bayi. Bayi cenderung mudah penasaran dan berusaha memakan apa saja benda yang dijangkaunya. Oleh sebab itu, memilihkan sepatu yang aman, dengan model yang minim aksesoris, merupakan langkah bijak orang tua untuk menghindarkan bayinya dari bahaya.

Warna

Tips memilih sepatu bayi selanjutnya adalah warna yang tepat. Warna berkaitan dengan motorik bayi. Sepatu bayi dengan warna yang tepat akan merangsang sistem motorik bayi sehingga kebisaannya akan bertambah dalam mengenali benda-benda di sekitar mereka. Pilihlah sepatu yang berwarna-warni, sebab bayi memang menyukai benda-benda yang warnanya mencolok dan beragam. Jika tidak, pilihlah sepatu dengan warna kombinasi hitam putih, sebab mata bayi memang lebih sensitif menangkap benda-benda yang berwarna hitam putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *