Asal Usul dan Tips Merawat Sepatu Fashion Jenis Sneakers

Posted by

Sepatu jenis sneakers sudah tidak asing lagi di dalam dunia fashion. Disini kita akan membahas tentang asal usul dan tips merawat sepatu fashion jenis sneakers. Sepatu sneakers sendiri sudah ada sejak abad ke 18. Walaupun sudah lama banget tapi jenis sneakers ini menjadi salah satu favorit jenis sepatu di dunia. Sneakers adalah jenis sepatu dengan sol fleksibel terbuat dari karet atau bahan sintetis dan bagian atas terbuat dari kulit atau kanvas. Tetapi, seiring perkembangan zaman sekarang banyak sneakers yang terbuat juga dari bahan suede dan bahan nylon. Sneakers awalnya diambil dari kata dalam bahasa inggris, yaitu ‘sneak’ yang berarti penyelinap. Awalnya sneakers adalah jenis sepatu untuk berolahraga. Dengan kembangannya zaman, sekarang sepatu jenis sneakers sudah tidak dipakai lagi sebagai sepatu olahraga saja, tetapi sudah menjadi salah satu jenis sepatu untuk segala jenis aktivitas, mulai dari sepatu untuk travelling, sepatu untuk jalan – jalan, dan sepatu untuk ke event tertentu.

baca juga: RAGAM MODEL SEPATU FASHION UNTUK WANITA

Lalu brand apa sih yang menjadi favorit di kalangan remaja dan dewasa yang ada di dunia pada jenis sepatu sneakers? Beberapanya adalah brand yang pasti sudah kita ketahui yaitu, Adidas, Nike, Vans, New Balance, Asics, Converse, Reebok, DC Shoes, Macbeth dan Puma.

Nah sekarang kita akan membahas bagaimana tips merawat sepatu fashion jenis sneakers yang mudah dan murah.

  • Kenali Bahan Sepatu

Jika bahannya kulit, cara membersihkannya kamu hanya perlu mengelapnya dengan kain lembut yang sedikit basah (lembab) secara berlawanan arah dengan permukaan kulit sepatu menggunakan kain yang halus, spons, atau sikat yang lembut. Jika bahannya suede, kamu harus menggunakan sikat gigi berbulu lembut disikat secara searah dan bisa menambahkan sedikit deterjen jika nodanya susah hilang dan kamu bisa menggunakan penghapus karet. Jika bahannya kanvas, kamu bisa membersihkannya menggunakan deterjen dan sikat gigi biasa.

  • Bagian Sol sepatu dan Sepatu Berwarna Putih

Kalian bisa mencucinya menggunakan baking soda dan sikat gigi bekas. Caranya cukup membuat baking soda menjadi bertekstur seperti pasta lalu sikat pada bagian yang kotor, tunggu hingga kering, baru bilas dengan air dingin.

  • Selalu Mencuci Menggunakan Air Hangat

Membersihkan sepatu menjadi lebih efektif dalam mengangkat noda – noda yang terdapat pada permukaan ataupun bagian dalam sepatu. Jangan pernah menggunakan mesin cuci dan pengering di mesin cuci.

  • Cairan Pembersih

Bisa menggunakan deterjen pencuci untuk baju, jenis deterjen cair, deterjen pencuci piring, dan shampo. Pastikan deterjen ini tidak mengandung pemutih supaya warna asli sepatu tidak luntur dan warna tetap terjaga.

  • Hindari Sinar Matahari Langsung

Menjemur sepatu sebaiknya diangin – anginkan saja di tempat yang terbuka sampai benar – benar kering. Bisa juga di bawah sinar matahari lewat atap berbahan polikarbonat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *