Fashion Terkini Dengan Kearifan Lokal

Posted by

Apa yang kamu pikirkan ketika ada hal yang mendengar kata batik atau songket? Kebanyakan dari masyarakat mengindentikkan pakaian yang terbuat dari batik atau songket hanya dipakai saat acara resmi atau kedaerahan. Padahal dengan kain tradisional, kamu bisa membuat pakaian yang tak kalah menarik, lho. Banyak juga artis yang menjadikan kain tradisional sebagai fasion terkini mereka. Selain memperkenalkan kearifan lokal dengan kain tradisional, kamu juga ikut melestarikan budaya khas Indonesia.

Batik merupakan salah satu warisan budaya yang banyak jenisnya. Mulai dari batik mega mendung yang bercorak seperti awan dari Cirebon hingga batik dari kota Solo yang memiliki corak bergelombang seperti sungai bengawan Solo. Kamu bisa mengkreasikan sendiri dengan kain batik dan menjadikannya baju yang keren. Sebagai generasi penerus bangsa, kamu harus mengapresiasikan dan melestarikan budaya kain lokal. Omong-omong, apa kamu tahu asal mula kata batik?

baca juga: SEPUTAR INFO FASHION TERKINI

Batik dipercaya berasal dari bahasa Jawa yakni kata tik yang berarti titik. Dari bahasa Jawa tersebut kemudian berkembang menjadi batik. Pengerjaan batik kini sudah lebih modern dengan menggunakan alat, tapi bukan berarti batik tulis tidak ada sama sekali. Nah, bila kamu ingin belajar batik, sekarang pun sudah banyak tempat yang menyediakannya. Kain batik sendiri umumnya bisa kamu gunakan untuk membuat baju. Cobalah merancang model baju yang menjadi fashion terkini, lalu aplikasikan kain batik untuk kamu buat baju yang keren.

Kain songket juga tak kalah menarik untuk diaplikasikan menjadi yang modern, tapi tetap pada kesan tradisionalnya. Kain tenun ini mempunyai sejarah panjang jika kamu telusuri awal mula keberadaannya. Dahulu kain tenun songket biasanya untuk kalangan bangsawan saja, karena kain tenun yang terbuat dari benang emas asli memang mahal. Akan tetapi sekarang kain songket bisa kamu pakai juga. Saat ini dengan benang emas sintetis harga kain tersebut tidak semahal dulu. Industri tenun kain songket tetap dinamis dan hidup walau pun berasal dari kain tradisional. Para pengrajin dengan cermat berusaha menciptakan motif yang lebih kekinian dan mengaplikasikan warna yang lebih halus. Perubahan zaman membuat para pengrajin harus pintar membuat kain tenun songket lebih digemari konsumen.

Saat ini kain tradisional sering kali dijadikan bahan utama perancang buasana untuk koleksi pagelaran busana mereka, dengan demikian budaya kain tradisional menjadi lebih menarik di mata masyarakat. Nah, sekarang giliran kamu yang generasi muda melestarikan dan mempromosikan kain tradisional tersebut. Menjadikan fashion terkini yang mengangkat tema kearifan lokal dengan desain yang lebih modern. Misalnya saja baju batik yang kamu padu padankan dengan kain tenun songket sebagai bawahannya. Berani mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *