Merawat Sepatu Branded Yang Terbuat Dari Bahan Suede

Posted by

Sepatu pria maupun wanita yang terbuat dari bahan suede membuat penampilan pria yang menggunakannya terlihat elegant dan stylish. Apalagi jika sepatu branded, dengan model yang tidak pasaran, harga yang mahal tentu membuat Anda tampil lebih percaya diri.

Bahan suede terbuat dari kulit hewan seperti sapi atau domba. Namun penyamaan kulitny bisa dilihat dari kulit bagian dalam. Jadi jika dilihat secara sekilas sepatu suede mirip seperti sepatu bahan beludru. Selain untuk sepatu, bahan suede sering digunakan untuk pembuatan tas.

Salah satu kelebihan bahan suede adalah lebih banyak pilihan warnanya, Namun seperti sepatu lainnya, sepatu ini-pun perlu perawatan yang benar agar lebih awet dan tahan lama. Berikut ini kami akan memberikan tips bagaimana cara merawat sepatu bahan suede yang benar dan tepat. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Gunakan Cairan Pelindung (Spray)

Langkah pertama yang bisa dilakukan dalam hal perawatan sepatu adalah menggunakan spray atau cairan pelindung sepatu dari kotoran, debu dan cuaca ekstrim. Anda bisa mendapatkan spray pembersih sepatu di supermarket atau toko-toko sepatu. Gunakan spray pembersih sesuai dengan aturan yang tertera pada kemasan.

Jangan Bersihkan Sepatu Dengan Air

Banyak orang yang membersihkan sepatu dengan menggunakan air. Hal ini sebenarnya salah, sebaiknya walaupun sepatu Anda kotor hindari membersihkannya dengan air, karena air bisa membuat tekstur dan warna sepatu branded kesayangan Anda mudah rusak.

Gunakan Bedak Dan Tepung Maizena

Merawat sepatu selanjutnya bisa menggunakan tepung meizena atau bedak. Cara ini termasuk cara yang tradisional, namun terbukti ampuh. Cara membersihkan sepatu dengan tepung atau bedak, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah melap bagian sepatu yang kotor dengan kain yang lembut (tidak berserat) dan kering. lalu tabukan sedikit bedak atau tepung. Setelah itu diamkan selama semalaman. Baru keesokan harinya bersihkan sisa bedak atau tepung menggunakan sikat suede.

Menggunakan Cuka

Banyak pemilik sepatu suede yang khawati jika sepatu mereka terkena kotoran atau lumpur. Karena membersihkan sepatu bahan suede memang tidak mudah dibandingkan membersihkan sepatu dengan bahan lainnya. Tapi jangan khawatir karena ada cara jitu yang bisa Anda coba gunakan, yaitu dengan cuka.

Cara membersihkan sepatu bahan suede dengan cuka sangat mudah. Pertama-tama siapkan handuk yang lembut, kemudian basahi dengan cuka. Gosok secara perlahan bagian sepatu yang kotor sampai kotorannya memudar.

Jika Anda merasa kesulitan merawat dan membersihkan sepatu suede bisa membawanya ke tempat cuci sepatu profesional, dari pada beresiko rusak karena salah perawatannya. Sayang jika sepatu branded yang Anda miliki mengalami kerusakan akibat salah membersihkannya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *