Info Fashion Memilih Baju Batik Dan Cara Merawatnya Agar Awet

Posted by

Baju batik sampai hari ini masih menjadi trand di semua kalangan. Bahkan menjadi pakaian wajib di hari-hari tertentu untuk para pegawai instansi atau perusahaan tertentu. Hal tersebut didukung dengan semakin banyaknya model baju batik modern yang bisa dijadikan pilihan. Berikut ini kami akan memberikan info fashion seputar batik yang perlu Anda ketahui.

Secara umum, kain/ pakaian batik dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu berdasarkan motif dan teknik pembuatannya. Berdasarkan teknik pembuatannya dibagi menjadi tiga yaitu: batik celup, batik tulis dan batik cetak. Batik cetak memungkinkan produksi dengan jumlah yang lebih banyak, itu sebab harganya lebih murah. Sedangkan batik tulis proses pembuatannya lebih lama menggunakan cara manual sehingga harganya lebih mahal dibandingkan batik cetak dan celup.

Berdasarkan motifnya batik dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai daerah penghasil batik, seperti: Batik Solo, Batik Jogja, Batik Cirebon, Batik Pekalongan dll.

Tips Memilih Baju Batik Yang Tepat

Saat memilih baju batik yang pertama kali harus dijadikan bahan pertimbangan adalah bahan yang digunakan. Secara umum bahan batik yang bagus adalah yang sifatnya halus, kuat dan lemas. Untuk batik cetak sebaiknya pilih yang bahannya katun karena karakteristiknya lebih nyaman. Selain itu pilih yang kualitas jahitannya sempurna. Lihat dengan seksama dan pastikan jahitannya kuat dan rapih.

Poin lainnya yang jadi bahan pertimbangan adalah motif dan warnanya. Anda bisa memilih motif sesuai dengan acara yang akan di hadiri. Umumnya motif batik untuk acara formal berbeda dengan motif pakaian batik yang digunakan sehari-hari. Mengenai warnanya sebaiknya pilih batik yang warnanya tidak mudah pudar.

Info fashion yang terakhir memilih batik yang tepat adalah yang ukurannya pas sesuai dengan ukuran tubuh Anda.

Cara Merawat Baju Batik Yang Tepat

Setelah Anda mendapatkan baju batik, sebaiknya rawat pakaian dengan benar agar tidak mudah rusak dan tetap wet. Sebaiknya jangan cuci batik dengan mesin cuci, gunakan cara manual saja (mencuci dengan tangan) agar warna dan bahannya tetap terjaga dengan baik.

Jika ingin merendam pakaian, gunakan air hangat dan rendam sebentar saja. Jika noda tidak bisa hilang, gunakan air jeruk nipis yang membantu menghilangkan noda pada pakaian bahan batik.

Selain itu hindari menyertika secara langsung, caranya bisa gunkanan kain pelapis yang disimpan diatas batik sehingga setrikaan tidak bersentuhan langsung dengan pakaian batik. Agar warnanya tidak kusam, jemur batik di tempat yang tidak terkena matahari langsung.

Demikian info fashion cara memilih batik dan cara merawatnya agar tetap awet dan tahan lama. Semoga artikel ini dapat menambah info dan bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *