Perkembangan Dunia Mode Dari Masa Ke Masa

Posted by

Membahas perkembangan dunia mode di Indonesia tidak lepas dari nama perancang busana dalam suatu decade waktu. Definisi mode atau fashion itu adalah setiap model pakaian, aksesoris, perhiasan yang popular selama beberapa waktu di suatu tempat tertentu.

baca juga:Model Dress Terbaru yang Sedang Trend

Awal Perkembangan Dunia Fashion

Awal perkembangannya sejak tahun 700-1000 SM, kain dan tekstil dianggap sebagai salah satu barang yang penting. Keduanya menjadi barang yang dipertukarkan atau diperdagangkan antar bangsa-bangsa di Asia Tenggara.

 

Seiring perkembangan zaman, pakaian tidak lagi sekedar kebutuhan primer untuk menutupi dan melindungi tubuh. Namun menjadi identitas, gaya atau style yang mengalami perkembangan dari satu periode ke priode berikutnya. Orang-orang modern menganggap pakaian sebagai refleksi, status sosial dan ekonomi.

Industry fashion menjadi industry yang menguntungkan, itu bisa dilihat semakin banyaknya perusahaan, toko dan individu yang menjadikan fashion sebagai lahan usaha. Salah satu contohnya trand fashion busana muslim yang beberapa tahun terakhir sampai sekarang masih menjadi trand.

Perkembangan Fashion di Indonesia

Awal perkembangan trend fashion di Indonsia dipengaruhi oleh kebudayaan Eropa, Asia dan beberapa tahun kebelakang dipengaruhi oleh budaya Korea. Dalam perkembangannya dunia mode Indonesia cenderung meniru mode dari barat, mulaid dari bahan hingga desainnya.

Pada tahun 1970 dunia fashion Indonesia mencatat banyak sekali kemajuan, yaitu munculnya nama-nama desainer yang memberikan konstribusi dalam dunia fashion di dunia Internasional melalui karya mereka. Nama-nama tersebut seperti: Iwan Tirta, Prajudi, Harry Dharsono, Poppy Dharsono dan Ramli. Kemajuan dalam dunia fashion pada waktu itu didukung pula dengan terbitnya majalah khusus wanita “Femina” tepatnya terbit pada tahun 1972. Majalah tersebut banyak memberikan perhatian serius terhadap dunia fashion dengan menghadirkan berita dan memberikan pembahasan yang lebih luas.

Fashion Indonesia Modern

Pada tahun 1990-an saat muncul isu globalisasi dan perkembangan teknologi modern seperti internet, semakin mempermudah para desainer untuk mengakses informasi dan berita seputar perkembangan di dunia fashion dan trand terbaru. Dengan adanya kemudahan tersebut membantu para desainer untuk menciptakan karya yang bervariasi.

Pada tahun 2000-an semakin banyak nama desainer yang mengisi daftar panjang desainer berbakat. Setiap desainer memiliki karakternya masing-masing, contohnya: Adrian Gan, Kiata Kwanda, Obin, Tri Handoko dan Sally Koeswanto. Ada juga Edward Hutabarat dan Anne Avanir yang membuat desain gaya barat yang menggunakan sentuhan tradisional menjadi model “blues kebaya”, kreasi tersebut memberikan sentuhan modern.

Dengan adanya tangan-tangan terampil dan inovasi yang kreatif membuat kebaya sebagai pakaian tradisional Indonesia kembali disukai dan dicintai oleh berbagai kalangan, termasuk anak muda. Bahkan tidak sedikit para artis internasional yang dalam kesempatannya menggunakan pakaian dengan aksen kebaya tradisional. Ini merupakan penghargaan dan kemajuan yang luar biasa dalam perkembangan sejarah dunia mode di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *