CARA MEMBUAT TAS TANGAN

Posted by

Jangan salah, tas tangan tidak selalu identik dengan tas perempuan. Semua tergantung bagaimana bentuk tas tersebut dan bagaimana motifnya. Ada beberapa laki-laki menggunakan tas tangan untuk membawa kebutuhan kerjanya, tapi tas itu benar-benar tas cowok. Untuk memilikinya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti beberapa tahap cara membuat tas tangan. Dan Anda juga bisa membuatnya sebagai hadiah untuk orang lain.

Siapa yang ingin Anda buatkan tas tangan? Anda sendiri, pasangan Anda, anak Anda, orangtua Anda, atau sahabat Anda? Ah, itu hanya tinggal pilih saja. Yang terpenting dari semua ini adalah Anda mengetahui terlebih dahulu cara membuat tas tangan. Untuk itu mari kita simak tahapannya di bawah ini:

Pertama, buat pola tas. Awal mula dari membuat tas, seperti membuat pakaian. Harus menggunakan pola. Anda harus mendesain jenis tas tangan yang akan dibuat. Kalau untuk perempuan, harus jelas usianya berapa. Apakah dewasa, remaja, atau anak-anak. Demikian juga untuk laki-laki. Ukuran tas untuk perempuan dewasa biasanya lebih besar dibandingkan untuk remaja dan anak-anak. Sementara untuk laki-laki, tidak membutuhkan yang besar.

Dari pola ini juga bisa ketahui, apakah nanti tas tersebut ingin dibuat serut atau menggunakan res sleting. Apakah juga akan berbentuk kotak, tabung, labu, atau memanjang ke bawah.

Kedua, pilih bahan. Di sini, selain pemilihan bahan, Anda juga sudah mulai mencari motif yang cocok untuk tas tangan yang akan Anda buat. Kalau motif yang menempel pada bahan, tinggal disesuaikan saja sesuai keinginan pemakai. Tapi jangan sampai tertukar. Motif bunga, kartun-kartun perempuan, salur atau lingkaran-lingkaran warna cerah diperuntukkan bagi perempuan. Sementara laki-laki lebih suka polos atau tulisan simple satu kata, yang tidak menampakkan keramaian sebuah tas. Atau motif kartun laki-laki untuk tas anak laki-laki.

Baca juga: RAGAM JENIS TAS TANGAN UNTUK WANITA

Selain itu ada juga lho tas dari manik-manik atau rajutan yang motifnya akan terbentuk ketika tas itu dibuat. Tapi untuk manik-manik, ada beberapa darinya sudah terukir motif.

Ketiga, mulai membuat tas. Cara cepat menyelesaikan tas memang dengan menjahit pakai mesin jahit, tapi kalau belum memilikinya tentu saja bisa membuat tas dengan jahit tangan. Buat tas sesuai dengan pola yang sudah Anda buat sampai membentuk tas. Perhatikan jahitannya, semakin rapi maka tas Anda semakin bagus ditunjukkan pada orang lain. Terlebih kalau tas itu adalah tas pesanan.

Nah, tas dengan cara menjahit mesin seperti di atas tidak berlaku untuk tas yang dibuat dengan manik-manik dan rajutan. Tas-tas ini pure harus dikerjakan secara manual.

Keempat, berikan pegangan untuk tas tersebut. Dengan adanya pegangan ini, maka tas itu lulus dinyatakan sebagai tas tangan. Jenis pegangan ini, ada yang kayu, plastik, alas tebal yang dilapisi bahan serupa dengan tas, bahan tebal yang tidak membutuhkan alas tebal lagi, rajutan, atau manik-manik yang dibentuk menjadi pegangan tas.

Cara membuat tas tangan ini bisa segera Anda praktekkan. Andaikan masih terdapat yang kurang mendetail, disarankan agar Anda membeli buku khusus cara membuat tas yang di dalamnya terdapat pula tas tangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *