TREND FASHION SYARI

Posted by

Dunia fashion, beberapa tahun belakangan ini tidak lepas dengan kehadiran fashion Islami. Dari yang mulai memadukan antara fashion umum dengan Islami, kemudian sekarang menjadi syar’i. Fashion ini tentu saja bukan tanpa alasan terus berkembang pesat di dunia fashion Islam itu sendiri. Bisa dikatakan trend fashion syar’i menjawab semua keluh kesah beberapa muslim yang menilai trend kemaren tidak sesuai dengan hukum berpakaian dalam Islam.

Ya, ketika fashion ingin dinamakan sebagai fashion dari suatu hal, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat fashion itu berpijak pada suatu hal tersebut. Sebut saja, kita membicarakan fashion Islam, yang harus kita lakukan meletakkan hukum Islam di atas fashion tersebut. Bukan lantas fashion yang disebut sebagai fashion Islam malah mengikuti perkembangan fashion secara umum.

Memang benar kalau Islam harus bisa mengikuti zaman, tapi perlu diingat bahwa kita tidak bisa mengubah aturan yang sudah ditetapkan, karena bersifat mutlak. Kalau tidak ingin masuk ke dalamnya, maka sebut saja fashion tersebut fashion saja. Tapi jika ingin menjadikan trend fashion Islam, jadikanlah sebagai trend fashion syar’i yang sesuai dengan aturan Islam.

PAKAIAN HARUS LONGGAR DAN TIDAK MELEKUK TUBUH

Tentu pakaian jenis ini lebih ditujukan ke perempuan. Lekuk tubuh perempuan tidak sama dengan laki-laki. Perempuan memiliki pinggang lebih kecil, dada lebih ke depan, dan beberapa bagian lainnya. Sementara tubuh laki-laki pada bagian tubuh atas, tidak begitu melekuk dibandingkan perempuan.

Pun kebanyakan dari laki-laki banyak memilih pakaian dengan jenis bahan katun dan kaos, beberapa ada yang licin meski tidak semua menyukai jenis bahan ini. Tidak dengan perempuan yang memakai banyak bahan licin dan jatuh, seperti jersey dan spandek. Dua bahan inilah yang ternyata banyak digunakan produsen untuk membuat pakaian perempuan.

Baca juga: 4 Cara Mencari Rujukan Trend Fashion Terkini

Baru beberapa waktu sekarang ini saja banyak produsen yang membuat pakaian perempuan dengan bahan katun. Namun masalah yang ada timbul dari beberapa perempuan dengan tubuh subur yang tidak mudah mendapatkan pakaian dengan bahan tersebut. Jalan ke luarnya, tetap memakai pakaian dengan bahan jersey, spandek, dan sejenisnya, tapi dipadukan dengan jilbab yang lebar agar benar kalau trend fashion syar’i sesuai ketentuan hukum Islam.

JILBAB LEBAR DAN PANJANG

Jilbab lebar dan panjang sudah sangat banyak ditemukan baik dari bentuk jilbab langsung atau tidak seperti jilbab segiempat dan pashmina. Tapi dengan ragam jilbab yang ada, beberapa produsen juga membuat jilbab semi instan. Bagaimanapun bentuknya, yang harus menjadi dasar jilbab syar’i saat bahan tersebut menutupi dada dan bagian belakang sampai pinggang.

Jilbab dengan ukuran sampai menutupi perut dan pantat, sangat dibutuhkan ketika perempuan mengenakan pakaian, terutama gamis dari bahan yang bisa melekuk tubuhnya.

Semoga dengan adanya pembahasan singkat ini semakin membuat trend fashion syar’i semakin booming di kalangan umat muslim tahun ini dan selanjutnya. Jangan pula untuk mengenakan kaos kaki untuk membuat trend ini menjadi benar-benar syar’i.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *